TIPS PENGGUNAAN TELEVISI YANG BAIK UNTUK ANAK

Saat ini TV sudah bukan lagi alat elektronik yang susah ditemukan di rumah, mungkin hampir di setiap kamar atau ruangan rumah tersedia alat ini. Memang TV merupakan sarana hiburan yang menyenangkan tapi, alat ini mempunyai pengaruh yang buruk, terutama bagi anak-anak. Terlalu banyak menonton TV akan membuat anak beresiko terkena obesitas dan gangguan tidur serta perilakunya.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mencegah efek buruk yang ditimbulkan oleh TV kepada Anak Anda.

1. Atur waktu anak menonton TV
Buat jadwal kapan waktu yang diperbolehkan anak menonton TV dan pilih program TV yang pas ditonton oleh sang buah hati serta dampingi ketika ia menonton TV. Usahakan anak telah menyelesaikan tugas sekolahnya sebelum menonton TV.

2. Waktu maksimal anak menonton TV adalah 2 jam
Jika anak menonton TV lebih dari 2 jam maka si kecil beresiko menderita obesitas dan menurunnya prestasi. Bahkan sebuah lembaga riset di Amerika menyarankan anak di bawah 2 tahun untuk tidak menonton TV karena di usia tersebut TV belum mempunyai manfaat untuk mereka.

3. Jangan membiasakan anak makan sambil menonton TV
Pengaruh buruk yang akan timbul ketika membiarkan anak makan sambil menonton TV adalah anak akan cenderung makan secara berlebihan.

4. Jangan tempatkan TV dan komputer di kamar tidur
Akibat yang muncul jika menaruh TV atau komputer di kamar tidur ialah anak akan mengalami susah tidur. Ketika ia tidak sengaja menyaksikan adegan yang memuat kekerasan, itu akan menimbulkan trauma serta mimpi buruk yang akan menganggu kualitas tidur anak.

5. Jangan menutupi mata anak ketika ada tayangan kontroversial
Sikap tersebut akan membuat si kecil semakin penasaran, cara yang baik jika menghadapi situasi seperti itu adalah berikan penjelasan yang dapat dimengerti oleh anak. Contohnya, "Jagoan di film ini keren ya, tapi sayang bicaranya kasar. Kalau ia seperti itu terus pasti nanti akan dijauhi sama teman-temannya."

Tips-tips di atas diharapkan mampu mengurangi pengaruh buruk TV kepada anak. Hal penting yang harus dilakukan orang tua adalah berikan contoh yang baik kepada anak. Biasakan adakan acara di luar rumah ketika liburan, dan tidak menghabiskan sepanjang hari duduk sambil menonton TV. Karena anak pada dasarnya suka meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Sumber Artikel : forum.detik..com

Post a Comment for "TIPS PENGGUNAAN TELEVISI YANG BAIK UNTUK ANAK"