TIPS CARA MENGATASI MASALAH KOMPUTER LAMBAT/LEMOT

Tips Mengatasi PC yang Lemot
Saya rasa hampir semua kita saat ini sudah sangat familiar dengan yang namanya Komputer baik PC maupun notebook. Komputer atau Notebook seperti menjadi barang wajib dizaman teknologi ini, hampir tiap bulan dan tahun selalu keluar perkembangan versi atau fitur dalam suatu komputer/notebook entah itu OS, VGA, Driver, Hardware bahkan Software.

Seiring dengan masa pakai sebuah barang elektronik apalagi computer, maka tidak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu lambat laun kinerja komputer akan melambat dan banyak masalah tergantung dari cara menggunakan. Kadang kala ketidakmengertian kita akan cara mengoperasikannya malah membuat perangkat yang kita miliki harus tamat sebelum waktunya.

Nah berikut saya akan bagikan Bagaimana cara memperbaiki komputer Lambat/Lemot yang saya kutip dari postingan di salah satu situs online, semoga berguna bagi Anda :

1.Hapus Program Yang Tidak Digunakan
Umumnya kita tertarik memasang program yang populer dan hanya dalam beberapa hari program tersebut sudah tidak anda gunakan lagi hingga sekarang. Tahukah anda banyaknya program yang dipasang mempengaruhi kecepatan komputer.

Salah satu langkah yang paling penting yang dapat Anda ambil untuk mempercepat komputer Anda adalah untuk menyingkirkan program-program yang tidak Anda gunakan. Karena program-program ini akan mengambil ruang penyimpanan dan, sangat mungkin, program tersebut akan berjalan tanpa terlihat di latar belakang menggunakan memori berharga (RAM). Hal ini juga menghindari program yang berbahaya yang mampu berjalan dibelakang sehingga bisa mengetahui tentang penggunaan komputer anda, Jadi anda harus tahu program apa saja yang anda instal.

Cara Menghapus Program
Klik Start (bagian kiri bawah layar)
Klik Control Panel
Pilih Add Or Remove Program
Lalu pilih program yang ingin anda hapus

Telusuri daftar dan software uninstall yang tidak Anda gunakan, atau terlihat mencurigakan / asing. Menghapus program tidak akan merusak komputer Anda - sehingga Anda dapat menghapus banyak program yang Anda inginkan. Hanya diketahui bahwa jika Anda menghapus program yang tidak anda kenal seperti flash player anda perlu untuk instal ulang. Program yang dibuat oleh perusahaan seperti Microsoft Corporation dan Google Inc harus tetap disimpan. Anda juga bisa menggunakan program Revo Uninstaller karena program ini mampus menghapus dan mencari file-file terkait dengan program tersebut. Revo Uninstaler ini bisa Anda cari cara penggunaannya di Google.

2.Hapus Junks File

Seiring waktu, komputer anda akan mengumpulkan sampah. Junk File ini berasal dari bekas-bekas yang ditinggalkan setelah anda menghapus program seperti langkah 1 (kecuali jika anda menggunakan Program Revo Uninstaller). Tidak mungkin jika anda secara manual mencari file file sampah tersebut, oleh karena itu saya rekomendasikan program CCleaner karena pemakaian yang mudah serta menjamin keselamatan file file pribadi anda. Menghapus program yang tidak terpakai dari sistem anda (Langkah # 1) akan menghasilkan file sampah yang tersisa. Jadi penting untuk menjalankan pembersihan ini langkah setiap kali Anda menghapus perangkat lunak.

3. Membersihkan Registry Komputer

Sekarang saatnya untuk menggunakan beberapa software registry perbaikan yang gratis untuk memperbaiki kinerja komputer yang lambat lebih lanjut. Registri Windows Sangat mirip dengan file sampah, segala macam sampah akan tersisa di dalamnya, terutama karena perangkat lunak yang ditulis dengan buruk yang diinstal, dan dengan program yang tidak menguninstall benar.
Anda tidak perlu memahami apa itu registry Windows, apa yang dilakukannya, atau cara kerjanya. Anda hanya perlu untuk tetap bersih jika Anda ingin komputer Anda untuk bekerja dengan baik. Untungnya, hal ini mudah dilakukan jika Anda menggunakan CCleaner .

CCleaner juga merupakan software terbaik dalam perbaikan registry yang pernah saya gunakan. Ada banyak freeware program perbaikan registry sekitar tetapi kebanyakan menyebabkan lebih berbahaya daripada baik.Saya sudah menggunakannya pada notebook dan komputer yang berbeda-beda dan tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun dan selalu bekerja sempurna.

4.Hapus Virus

Pertama, bukan ide baik kalau anda memiliki lebih dari satu antivirus di satu komputer.Jika Anda memiliki beberapa program anti virus ,maka komputer Anda akan berjalan jauh lebih lambat daripada hanya memiliki satu antivirus (karena antivirus selalu bekerja dilatar belakang saat diaktifkan.  Pilihlah yang anda rasa terbaik dan hapus antivirus lainnya (untuk Windows 8 tidak perlu lagi menginstal antivirus, karena didalamnya sudah terdapat Antivirus Windows Defender). Setelah itu silakan jalankan Full Scan dan hapus semua yang terindikasi virus maupun malware.

5.Hapus Spyware dan Malware

Sama halnya langkah 4, Spyware dan Malware juga sangat berbahaya dan membuat komputer jadi lambat. Gunakan scanner terbaik, dan saya rekomendasikan SUPERAntiSpyware, namun pilihan kembali ke anda sendiri.

6.Tweak Program Startup

Jendela tampaknya telah boot up. Setelah semua, Anda dapat melihat wallpaper desktop Anda dan ikon. Tapi Anda tidak bisa benar-benar menggunakan PC Anda selama beberapa menit! Jika Anda mencoba untuk membuka sebuah program, tidak ada yang terjadi, dan komputer tampaknya melambat bahkan lebih!

Alasan ini terjadi adalah karena, setelah Windows telah boot up, maka secara otomatis diperintahkan untuk membuka sejumlah program lainnya. Jadi tidak akan menanggapi dengan sangat cepat Anda mencoba untuk membuka sebuah program, karena sudah sibuk membuka hal-hal lain.

Hal ini terjadi karena perangkat lunak sering salah menganggap Anda akan ingin software mereka untuk membuka setiap kali Anda menghidupkan PC Anda. Setiap kali Anda menginstal sebuah program, ada kemungkinan bahwa program yang akan membuka diri terlihat di latar belakang ketika boot PC Anda up. Hal ini membuat mulai jauh lebih lambat dan berjalan lebih lambat!

Anda juga bisa menggunakan CCleaner untuk mengatasi masalah startup, karena CCleaner juga memiliki fitur tersebut

7.Nonaktifkan Windows Indexing

Windows suka membongkar-bongkar hard disk Anda, membuat daftar file apa yang di dalamnya. Alasan melakukan hal ini, adalah agar dapat memberikan hasil pencarian cepat. Dengan kata lain, jika Anda klik Start> Cari dan mencari sesuatu, Windows dapat menemukannya untuk Anda sangat cepat. Itu mungkin terdengar berguna. Tapi seberapa sering Anda benar-benar mencari sesuatu dengan cara ini?

Disarankan Anda menonaktifkan layanan pengindeksan Windows. Ini berarti bahwa PC Anda berjalan lebih cepat karena tidak lagi mencurahkan waktu untuk merekam apa yang ada di hard disk Anda. Kelemahan kecil, jika Anda mencari sesuatu, sesuatu yang akan mengambil sedikit lebih lama untuk menemukan.

Untuk menonaktifkan pengindeksan:
Tahan tombol keyboard Windows dan tekan "R"
Ketik "services.msc" (tanpa tanda kutip) dan klik OK
Pengguna Windows XP harus menemukan dan double-klik "Indexing Service"
Windows Vista dan Windows 7 pengguna harus menemukan dan double-klik "Windows Search"
Carilah "Startup type" drop-down dan pilih "Disabled"
Klik OK dan restart PC Anda

8.Defragment Hard Disk

Defragging hard disk Anda akan mempercepat PC Anda. Untuk defrag komputer Anda, Anda bisa menggunakan Windows alat built-in atau menggunakan alat defrag gratis. Saran saya adalah dengan menggunakan Defraggler. Untuk defrag komputer Anda menggunakan Defraggler, membukanya dan cukup klik "defrag" tombol.

9. Atur File Pribadi & Folder

Jika Anda telah mengikuti semua langkah-langkah sebelumnya, komputer Anda sekarang harus lebih ramping, lebih bersih dan lebih cepat. Jadi sekarang adalah kesempatan yang baik untuk mengatur file pribadi Anda. Hapus file lama yang tidak lagi diperlukan. Dan mengatur file penting ke dalam folder. Desktop Anda juga mungkin perlu beberapa mengorganisir. Untungnya, jika Anda memiliki desktop berantakan, ada program gratis yang brilian yang dapat membantu mengatur untuk Anda namanya Desktop Fences

Sekian postingan TIPS Cara Mengatasi Masalah Komputer Lambat/Lemot semoga bermanfaat terutama bagi saya sendiri dan tentunya bagi Anda yang membaca blog saya

Sumber Artikel : blog koranclip

Post a Comment for "TIPS CARA MENGATASI MASALAH KOMPUTER LAMBAT/LEMOT"