TIPS MENGATASI PONSEL ANDROID YANG LAMBAT

Saat ini ponsel android sudah merajai penjualan ponsel di tanah air. Beragam ponsel android tersedia mulai dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Nah karena banyak pemakai android akhir-akhir ini dan sering mengeluh ponselnya jadi lambat, kali ini Balektronik ingin berbagi tips mengatasi ponsel Android yang Lambat yang saya dapat dari salah satu blog online (sumber di akhir postingan).

Saat kita bermain dengan ponsel kesayangan, bila tiba-tiba proses menjalankan aplikasi yang ingin kita buka begitu lambat pastinya akan membuat kita jengkel, bisa jadi karena spesifikasi android yang rendah atau karena android anda sama sekali tidak pernah maintenance. Banyak orang yang ingin mengatasi hal tersebut, seperti membawa ke counter handphone untuk konsultasi masalah android anda, atau mencari tips yang bertebaran di internet.

Nah berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ponsel android yang lambat yaitu dengan cara sebagai berikut :

Bersihkan Cache
Jika terlalu banyak cache yang tersimpan pada memori internal akan mengakibatkan kinerja pada ponsel lambat. Agar ponsel kembali normal salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan semua cachenya. Untuk menghapus semua cache pada memori internal, anda dapat menggunakan aplikasi History Eraser. Langkah-langkah untuk menghapus cache dari memori internal secara otomatis cukup mudah yaitu anda tinggal membuka aplikasi dan pilihlah menu clean selected.

Usahakan tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan
Fitur multitasking yang terdapat pada ponsel Android memiliki kemampuan dapat menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan, akan tetapi hal ini dapat menjadikan ponsel android menjadi lambat. Dalam waktu bersamaan, sebaiknya anda menjalankan maksimal hanya 3 aplikasi.

Semua file sebaiknya anda simpan pada memori eksternal
Memori internal memiliki sedikit ruang untuk penyimpanan, maka sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak file pada memori internal karena akan menjadikan ponsel menjadi lambat. File seperti musik, video ataupun gambar usahakan anda simpan ke dalam memori eksrternal.

Lebih baik tidak menggunakan live wallpaper
Mungkin belum banyak yang mengetahui bila mengaktifkan Live Wallpaper maka kinerja ponsel akan menjadi lambat. Berkurangnya jumlah penyimpanan pada memori internal ponsel disebabkan karena Live Wallpaper sedang aktif. Oleh sebab itu Live Wallpaper sebaiknya jangan diaktifkan.

Sebaiknya pesan terkirim atau masuk jangan menumpuk
Sebagian dari anda mungkin belum banyak yang mengetahui bila pesan masuk atau terkirim yang menumpuk juga dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel, karena semua pesan terkirim atau masuk tersimpan ke dalam memori internal. Bila anda tidak menginginkan ponsel Android anda lambat, sebaiknya jangan biarkan pesan terkirim atau masuk menumpuk dalam memori internal.

Sekian postingan Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat. Semoga bermanfaat bagi kita semua

Sumber Artikel : bangbiw.com

Post a Comment for "TIPS MENGATASI PONSEL ANDROID YANG LAMBAT"