TIPS PRAKTIS MEMBELI HARDDISK INTERNAL

Tampilan Isi sebuah Hardisk Internal
Bagi Anda yang pernah menggunakan computer di rumah mungkin pernah mendengar istilah hard disk. Bila Anda ingin lebih tahu tentang bagian detail hard disk bisa membacanya dipostingan saya sebelumnya tentang Bagian-Bagian Hard Disk. Nah Hard disk ini sendiri sebenarnya ada dua tipe berdasarkan letaknya yaitu Harddisk internal yang letaknya di dalam kotak CPU computer Anda dan Harddisk eksternal yang bisa dibawa kemana saja. Nah postingan kali ini saya ingin membahas tentang harddisk internal ini.

Membeli dan memilih harddisk internal sebenarnya cukup mudah namun bagi yang awam seperti saya tentunya punya kendala tersendiri, karenanya pada postingan kali ini saya ingin berbagi Tips memilih harddisk internal seperti yang saya dapatkan dari salah satu blog dan saya coba bagikan kembali untuk Anda. 

Berikut beberapa Tips yang perlu Anda perhatikan dalam Memilih dan Membeli Harddisk Internal, silahkan disimak :

1. Harga Beli Harddisk 
Harddisk yang diproduksi oleh distrobutor resmi disertai dengan garansi, maka harganya cenderung sedikit lebih mahal. Anda tidak bisa mengklaim garansi atau service jika ada kerusakan kepada distributor yang bersngkutan, karena akan terdeksi dari serial numbernya.

2. Merk (Merek jual) Harddisk
Masih ada perusahaan atau vendor harddisk yang sudah bangkrut, tapi produknya masih beredar bebas dan diperjual-belika. Misalnya; Conner sudah tidak ada lagi,tapi merek ini masih beredar di pasaran. Jika Anda ingin menambah jumlah harddisk Anda, usahakan beli dengan merek yang sama dengan harddisk yang lama atau sebelumnya, agar kecepatan kinerja harddisk tidak berkurang dan tetap kelihatan cepat.

3. Kondisi dan Usia Harddisk
Untuk harddisk yang berkapasitas kecil (1.7G, 2.1G dll) bisa jadi harddisk bekas. Tapi yang harus diperhatikan ketika Anda membeli harddisk bekas, jangan sekali-kali membeli harddisk yang sudah pernah diperbaiki {Anda tentunya tidak akan mengetahui sejauh mana kerusakan yang terjadi pada harddisk tersebut}, hal ini jelas terlihat dari segel yang telah rusak atau terputus.

4. Kapasistas Harddisk
Sebelum Anda membeli harddisk, tentukan dulu berapa kapasitas yang dibutuhkan oleh sistem operasi yang akan Anda gunakan. Itu sangat mempengaruhi kapasitas harddisk yang tersisa yang nantinya digunakan sebagai tempat penyimpanan data dll. Jangan pernah memperhitungkan selisih nominal harga harddisk yang ingin Anda beli. Ingat, penjual hanya berupaya menghabiskan stoknya, tapi Anda membeli dengan tujuan tertentu.

5. Kecepatan Transfer Data Harddisk
Maximum transfer rate, jangan percaya begitu saja terhadap slogan ini. Angka kecepatan bisanya diperoleh dari kecepatan transfer antar memori komputer dengan cache harddisk, sedangkan untuk mengetahui angka yang lebih baik adalah sustained transfer rate, karena menunjukkan kecepatan transfer sesungguhnya antara harddisk dan memori komputer. Cara yang terbaik untuk mengetahui kecepatannya adalah mencoba perintah baca dan tulis yang sesungguhnya.

6. Putaran atau Rotasi
Loading data yang cepat, meruapakan salah satu bukti bahwa harddisk Anda mempunyai angka Rpm (rotasi per menit) yang tinggi atau besar. Misalnya; harddsik denga 7200 Rpm akan banyak permintaannya untuk processor yang cepat atau untuk aplikasi game atau grafis.

7. Controller
Perhatikan kecepatan harddisk dan controllernya, khususnya untuk harddisk SCSI. Harddisk yang cepat tapi memiliki controller yang lambat, maka kecepatan harddisk tersebut hanya sama dengan kecepatan controllernya, begitu juga sebaliknya. Suatu sistem beroperasi pada komponennya yang paling lambat. Hal ini harus diperhatikan kompatible antara keduanya.

8. Check dengan Utility Harddisk
Tentulah sangat urgent jika yang kita bahas itu tentang pemeriksaan dengan utiliti terhadap kondisi harddisk yang sesungguhnya, yaitu untuk mengetahui apakah harddisk tersebut terdapat bad sector atau tidak. Pertama, terlebih dahulu menggunakan Fdisk, kemudian Anda format harddisk tersebut, setelah itu lakukan pemeriksaan area cylinder menggunakan perintah Scandisk. Namun, Anda dapat juga menggunakan utiliti yang lebih baik, yaitu menggunakan Disk Manager.

Sekian postingan singkat tentang Tips Praktis Membeli Harddisk Harddisk, semoga bermanfaat. Jangan lupa cek juga Tips Praktis Membeli Harddisk Eksternal.

Sumber Artikel : agitaafrina.wordpress.com

Post a Comment for "TIPS PRAKTIS MEMBELI HARDDISK INTERNAL"