TIPS & TRICK ELEKTRONIK

Solusi dan Bisnis Elektronik

TIPS CARA MEMPERBAIKI AKI KERING

 Apabila accu/aki anda soak baik aki basah atau aki kering, jangan buru-buru membuang ke tempat sampah. Selain dapat meracuni lingkungan mengingat timbal dari sel aki sangat berbahaya bagi lingkungan, siapa tau aki anda masih bisa diperbaiki dan siap digunakan kembali tanpa perlu beli yang baru.

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering. Tips ini bisa anda terapkan pada aki kering sepeda motor anda yang sudah mulai rewel. Jengkel juga waktu mau keburu kerja biasa pake motor sekali pencet double starter langsung nyala, tiba-tiba saja kagak mau hidup itu motor, Cara Memperbaiki Aki Kering. Setelah kejadian itu aku tanya-tanya temen, kebanyakan bilang kalau aki kering sudah rusak harus ganti yang baru. Penasaran jawaban sama teman-teman akhirnya aku cari informasi lewat internet. Akhirnya nemu juga tips memperbaiki aki kering. Disini aku akan berbagi info sedikit.

Struktur Accu/Aki kering


Cara Memperbaiki Accu/Aki Kering
Sebaiknya anda persiapkan/kumpulkan bahan-bahan bakunya:
* Accu Zuur, jangan sampai salah membeli.
* Suntikan [beli yang biasanya dipake reffil tinta]

1. Ambil/copot dulu aki kering yang ada di box sepeda motormu. Perlu kamu ingat susunan kabel-kabelnya.
2. Buka tutup aki, biasanya ada 3 buah lubang dengan penutup dari karet.
3. Isikan Accu Zuur tadi kedalam aki kering kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang aki.
4. Tutup rapat-rapat kembali lubang aki,pasang ke box motor kamu dan pasangkan kembali kabel-kabelnya, jangan sampai salah ya.
5.Setelah semuanya terpasang rapi coba nyalakan motor sekitar 15 menitan sekiranya sampai mengisi.

Biasanya untuk aki kering bawaan sepeda motor yang masih original masa hidupnya bisa sampai 3-5 tahun dan bila mati dan di isi ulang lagi biasanya memang udah aus/hanya bisa untuk lampu saja.namun untuk aki kering yang bukan bawaan sepeda motor yang kita beli di toko-toko seperti gs yuasa ini masih sangat mungkin untuk bisa di perbaiki karna biasanya aki ini bertahan 1-2 thun dari pembelian jadi kualitas elemenya masih bagus.

Apabila cara diatas tidak berhasil juga, mungkin sudah waktunya anda harus mengganti aki kering motor anda. Semoga info Memperbaiki Aki Kering ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Aki Kering / Barang / Cara Memperbaiki / Elektronik / Motor dengan judul TIPS CARA MEMPERBAIKI AKI KERING. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://balektronik.blogspot.com/2013/04/tips-cara-memperbaiki-aki-kering.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

12 komentar untuk "TIPS CARA MEMPERBAIKI AKI KERING"

  1. mantap gan, besok langsung di coba :)

    ReplyDelete
  2. Ane udah coba gan dan langsung topcer yd tdnya gag bisa starter sekarang lgsg bisa,MANTAB (y)

    ReplyDelete
  3. maksudnya sam 1 cm dari lubang mulut aki tu gmn Gan ???mksh

    ReplyDelete
  4. ane mau tanya gan, accu zuur itu apaan gan?

    ReplyDelete
  5. menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

    Salam dari kami TOKO TOA.

    ReplyDelete
  6. Mantap sangat ni Gan, Oya pentng Accu Zuurtu apa,,? ya,, (apakah air accu/air keras yg biasa di gunakan pada batray basah) mohon peneranga,a gan.. klw sempat/bisa inbox fb.com/harunpanti thanks..

    ReplyDelete
  7. dengan trik ini lumyanlah bisa ngirit haha

    ReplyDelete
  8. Pak.. Setau saya sih..

    1. Accu zuur itu botolnya dominan warna merah.
    2. Kebanyakan "aki kering" sekarang itu setau saya tidak bisa dibuka tutupnya. Jadi ngisi nya gimana?
    3. Aki kering kan harusnya sudah tidak perlu ditambah cairan apa-apa lagi.
    4. Kalau ditambah pake accu zuur apa tidak salah pak? Bukannya malah bikin elektrolit (asam sulfat) dalam accu jadi tambah jenuh dan merusak? Mungkin dalam jangka pendek akan terasa accu meningkat performanya, tapi dalam jangka menengah dan panjang malah akan memperpendek umur.
    5. Lubang bukaan (kalau pun bisa dibuka kembali) itu seharusnya ada 6 pak, bukan 3. Karena accu otomotif terdiri dari 6 sel..

    Segitu aja sih, kalau saya salah tolong dikoreksi. Thanks.

    ReplyDelete
  9. yang seperti ini wajib di coba, karna selain dari ngirit kantong, juga nambah pengalaman,,, mantap,
    untuk kang Anonymous, mungkin lubang akinya punya dia cuman 3, trus kalo masalah menambah rusak gak papa, kan lagian juga udah rusak, barang rusak kan wajar buat jadi percobaan, itu menurut saya sih kang.... maaf sebelumnya ya.. ane mau nyoba dulu...

    ReplyDelete