MACAM-MACAM AC (AIR CONDITIONER)

Penyejuk udara atau pengkondisi udara atau penyaman udara atau erkon atau AC (bahasa inggris): air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pendingin_ruangan)

Nah kali ini Balektronik ingin berbagi info Macam-Macam AC yang ada di lapangan mudah-mudahan berguna dan menjadi informasi awal bagi yang ingin membeli AC baru mengingat kondisi cuaca yang mau memasuki musim kemarau.  Berikut beberapa macam AC yang beredar di masyarakat :

1. Split Wall
Ini adalah jenis AC yang paling umum digunakan di rumah, kantor maupun instansi di Indonesia, ini disebabkan beberapa faktor mulai dari gampangnya perawatan dan support.

AC ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Indoor dan Outdoor. Indoor (seperti di gambar) adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin dan Outdoor adalah bagian tempat dimana mesin berada. Acapkali outdoor ditempatkan diluar ruangan karena mengeluarkan hawa yang panas dan kadangkala suaranya yang berisik.

Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk - 2.5 pk. Remote yang digunakan untuk AC ini ada dua tipe yaitu Remote Gantung untuk model yang lama dan Remote Wireless untuk model yang sekarang ini. Ac ini sudah tersedia dalam inverter (hemat energi), ionizer, plasmacluster dan berbagai fitur lainnya.

2. AC Window
 AC Window adalah AC yang berbentuk kotak dan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan remote. Karena tombol kontrol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada istilah outdoor dan indoor AC.

AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap sudah ketinggalan jaman dan karena tidak ada unit outdoor yang membuat AC ini tidak praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk - 2.5 pk.

3. AC Standing Floor
AC Standing Floor adalah AC yang unit Indoonya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya ini, AC ini sering digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.

AC ini bisa dioperasikan dengan remote control. AC ini mempunyai bagian Indoor dan bagian Outdoor. Kapasitas AC ini mulai dari 2pk - 5pk.

Sekian Postingan Macam-Macam Air Conditioner semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : ac-termahal.blogspot.com

Post a Comment for "MACAM-MACAM AC (AIR CONDITIONER)"