TIPS MEMOTRET DALAM KONDISI MINIM PENCAHAYAAN


Bagi pencinta photography pemula, banyak hal yang kadang membuat kita kebingungan, baik bingung karena penggunaan fasilitas yang ada di Kamera maupun cara pengkondisian objek. Salah satu yang membingungkan buat kita pemula adalah menggunakan kamera dengan saat memotret kondisi low light atau kondisi minim cahaya. situasi seperti ini terkadang selalu menjadi pertanyaan ketika hasil yang didapat menjadi blur, gelap, atau noise yang berlebihan.  

Nah kondisi kurang pencahayaan dapat diatasi dengan menggunakan beberapa tips yang say abaca dari salah satu situs online.

Berikut  tips untuk memotret di kondisi kurang cahaya / low-light, silahkan disimak :

Perbaiki kondisi pencahayaan (jika memungkinkan).
Memperbaiki cahaya dengan cara menghidupkan lampu penerangan ruangan atau mengkondisikan si subjek ke kondisi pencahayaan yang lebih terang.

Gunakan bukaan besar (f/ dengan angka kecil). 
Disini kamu kenali dulu bukaan terbesar lensa kamu apakah (f/1.2 , f/1.4, f/1.8, f/3.5 atau f/4) karna bukaan dari lensa dapat mempengaruhi intensitas cahaya yang masuk.

Gunakan Speed Shutter lambat. 
Penggunaan speed shutter lambat memungkinkan cahaya yang masuk kedalam sensor melalui lensa menjadi lebih banyak.

Aktifkan fitur Image Stabilizer (Jika lensa anda menggunakan fitur ini)
IS fungsi meredam getaran tangan saat memotret dengan kecepatan rendah, sehingga foto yang dihasilkan tetap tajam. 

Naikkan ISO secara bijaksana. 
ISO artinya sensitivitas sensor, semakin tinggi ISO semakin sensitif sensor terhadap cahaya. tapi yang harus kamu ketahui semakin tinggi iso / semakin senstif sensor dari cahaya karna ISO dapat menyebabkan foto anda terlihat berpasir (noise). jadi naikan iso jangan sampai diatas batas maksimum kemampuan sensor kamera kamu. misalkan kamera kamu memiliki toleransi maksimal ISO 6400 usahakan gunakan di 3200 saja.

Gunakan Tripod. 
penggunaan tripod sangat membantu kamu dalam menggunakan Slow Speed. untuk menahan getaran dari tangan. akan tetapi penggunaan tripod oleh sebagian orang kurang disukai karna cukup memakan waktu dan ruang dalam pengambilan foto.

Gunakan Lampu Kilat
Bila sangat terdesak bisa juga menggunakan lampu kilat untuk membantu penerangan.

Sekian postingan Tips Memotret Dalam Kondisi Minim Pencahayaan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : akangrifan.net

Post a Comment for "TIPS MEMOTRET DALAM KONDISI MINIM PENCAHAYAAN"