TIPS MEMBELI KAMERA DSLR BEKAS



Kamera DSLR saat ini menjadi kebutuhan terutama bagi pencinta photography. Namun mahalnya harga kamera DSLR tersebut membuat para pencinta photography tersebut berpikir dua kali untuk membeli terutama yang baru karena harganya bias diatas puluhan juta.

Mungkin diantara Anda yang berminat akan Kamera DSLR namun ingin membeli yang bekas, ada baiknya Anda pelajari tips berikut. Anda bisa lakukan sendiri jika sudah mengerti caranya, namun jika belum, ada baiknya Anda mengajak teman yang bisa dipercaya untuk mengecek beberapa hal berikut, seperti yang saya kutip dari salah satu blog online, silahkan disimak :

1. Cek Fokus Shifting
Langkah ini dilakukan untuk mengecek apakah titik focus bergeser atau masih tepat. 
Caranya: Foto tanda + batere persis ditengah2 View Finder kemudian di lihat di LCD lalu DIPERBESAR/ZOOM….. jika tanda + itu melenceng dari tengah2 LCD berarti ada kemungkinan kamera itu bermasalah pada focusnya.

2. Periksa LCD dari Dead Pixel
Caranya: Tutup dengan tangan/kertas bagian lensa (set ke MF dulu untuk DSLR, kemudian perhatikan hasil yang gelap itu… apakah ada tanda2/warna yang selain hitam. Kalau ada berarti kemungkinan ada Dead Pixel pada LCD

3. Periksa Sensor dari Hot Pixel
Caranya: Mungkin seperti cara test Dead Pixel pada LCD (ditutup lensanya lalu jepret) atau foto bidang yang gelap.  Kalau di lihat ada titik merah lalu digeser sewaktu di zoom ikut pindah berarti itu HOT PIXEL pada Sensor, tapi kalau di zoom tidak pindah artinya Dead Pixel pada LCD
Catatan : Hot Pixel suka muncul kalo kita suka main di BULB dan HIGH ISO… Jadi jangan kaget jika habis main-main di Bulb malam-malam nguber Kembang Api tiba-tiba ada tamu yang tidak diundang [Big Grin] 

4. Periksa dan Bersihkan Sensor dari Debu
Asal debu mikro saja bisa kok dibersihkan dengan cleaning kit. Namun, jika tidak mengerti ada baiknya minta bantuan tenaga profesional.  Caranya foto langit cerah atau layar monitor yang putih dengan settingan f 22 keatas…… akan terlihat bercak-bercak jika ada kotoran pada sensor.

5. Lakukan Pemeriksaan Standart
Lakukan beberapa pemeriksaan standart sebelum mencoba menentukan pilihan untuk membeli kamera tersebut :
  • Periksa semua tombol-tombol fungsi dan menu, body atau LCD dari baret-baret.
  • Perhatikan mur-nya… ada bekas ‘dibuka’ atau tidak….
  • Perhatikan lens mount-nya… kelihatan kameranya bekas dipake "perang" atau cuma disimpen di lemari aja.
6. Pemeriksaan Perkiraan Umur Shutter (untuk camera bekas)
Untuk memeriksa ini lakukan beberapa langkah berikut :
  • Nyalakan kamera.
  • Pilih setting mode M.
  • Set shutter speed ke bulb
  • Lepas lensa
  • Tekan shutter, tahan
  • Mirror (yang dibelakang lensa) bakal keangkat.
  • Cek mirror sm pelat yang dibelakang mirror. jika masih rapet berarti umur shutter masih bisa lama. Kalo ada longgar, mendingan jangan itu tanda-tanda calon ganti shutter.
Sekian postingan Tips Membeli Kamera DSLR Bekas, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : akangrifan.net

Post a Comment for "TIPS MEMBELI KAMERA DSLR BEKAS"