TIPS MERAWAT UPS AGAR TETAP AWET

Satu Satu Merk UPS yang sering digunakan
UPS bagi sebagian pengguna komputer cukup banyak membantu terutama bagi daerah dengan kondisi listik yang sering hidup mati tidak menentu. Kondisi listrik yang sering mati mendadak selain merusak peralatan elektronik juga bisa membuat komputer error ketika akan dihidupkan kembali. Pengalaman kawan, ada yang windowsnya tidak bisa lagi berjalan normal gara-gara habis mati lampu saat sedang digunakan

Apa sebenarnya UPS ini? UPS adalah Uninterruptible Power Supply yang merupakan peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu dari komputer, seperti halnya monitor,cpu atau bagian lain yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus-menerus. UPS juga disebut sebagai baterry backup (Uninterruptible Power Supply).

Nah bagaimana cara merawat UPS yang sudah ada agar tetap awet? Berikut beberapa Tips Merawat UPS agar tetap awet seperti yang saya kutip dari postingan salah satu blog, silahkan disimak :

Charge Penuh Sebelum Digunakan
Untuk UPS baru pastikan untuk mencharge terlebih dahulu selama kurang lebih 8 jam hingga 12 jam agar performa batereinya bagus

Gunakan UPS sesuai spesifikasinya atau beban seharusnya. 
Penggunaan yang tidak sesuai beban akan menyebabkan baterry cepat rusak. Biasanya beban yang direkomendasikan hanya separuh dari yang tercantum pada UPS.

Jaga UPS agar tidak sampai kehabisan baterai 
Ketika memback up pemadaman listrik. Rata – rata UPS dapat memback up hingga 15 – 30 menit tergantung kegunaan untuk peralatan komputer, setelah itu UPS tidak tahan dan akan mati dengan sendirinya. Karena itu, begitu listrik padam sebaiknya segera lakukan persiapan untuk mematikan komputer dengan aman.

Cabut sumber listrik UPS bila sedang tidak digunakan
Bila tidak digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama contoh: 1 bulan,1tahun sebaiknya sumber listrik yang menghubungkan ke UPS dicabut untuk menghindari panas terus menerus. Hal ini juga untuk menghindari panas pada stop kontak listrik dari UPS tersebut, kalau jangka waktu satu hari atau beberapa hari tidak akan mempengaruhi UPS atau pun stop kontak listrik

Letakkan UPS pada Tempat Terbuka
Letakkan UPS pada tempat yang agak terbuka agar hawa panas yang dihasilkan ketika beroperasi bisa tersirkulasi dengan baik.

Jangan mematikan / Menghidupkan secara Tiba-Tiba
Restart UPS dengan waktu kurang lebih 5 detik setelah Anda mematikan UPS, jangan langsung mematikan dan menghidupkannya secara tiba – tiba.

Gunakan UPS hanya untuk Komputer saja.
Gunakan UPSPUS hanya untuk kegunaannya saja seperti peralatan komputer yaitu CPU dan monitor. Jangan gunakan untuk peralatan elektronik lain yang tidak diperlukan.

Sekian postingan singkat tentang Tips Merawat Ups Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : agitaafrina.wordpress.com

Post a Comment for "TIPS MERAWAT UPS AGAR TETAP AWET"