TIPS MENGHEMAT PAKET DATA PADA SMARTPHONE ANDROID

Tips Smartphone Android
Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa Android menjadi OS untuk mobile dan juga Tablet paling populer di dunia mengalahkan berbagai kepopuleran OS lainnya seperti blackberry, iOs, Windows phone. Bagi pengguna smartphone Android yang koneksi internetnya selalu online pastinya akan sangat banyak menguras pulsa kecuali Anda sudah duluan berlangganan layanan paket data dari ISP (Internet Service Provider). Bila Anda mengaktifkan paket data tinggi tentunya tidak terlalu bermasalah dengan kuota yang diberikan dan biasanya berlebih hingga akhir bulan, namun bagi yang berlangganan paket mini terbatas, kuota juga dibatasi dan bila tidak hati-hati tidak terasa pulsa tergerus habis tanpa kita sadari.

Nah berikut ini beberapa Tips Bagi Pengguna Paket Data Hemat untuk smartphone Android Anda agar kuota internet yang tersedia tidak menguras pulsa, tips ini tentunya cocok bagi pengguna dengan kemampuan pas-pasan seperti saya. Berikut tipsnya :

1. Update app menggunakan Wifi.
Beberapa aplikasi bisa jadi secara otomatis melakukan update menggunakan koneksi internet, yang dapat menghabiskan kuota internet kamu. Jalankan Google Play Store, buka Menu > settings > Auto – update apps dan pastikan pilihan aktifnya adalah "auto-update apps over Wi-Fi only". Jika kamu ingin melakukan update aplikasi secara manual, maka pilih "do not auto-update apps”.

2. Lakukan Pengaturan Konfigurasi Data.
Beberapa aplikasi lainnya bisa juga melakukan update secara konstan ketika perangkat Android kamu terhubung dengan internet. Contohnya, aplikasi Google+ secara otomatis mengupdate konten seperti foro dan video yang bisa memakan banyak koneksi data. Lakukan pengaturan secara manual pada masing – masing aplikasi untuk mencegah update otomatis konten.

3. Restrict Background Data
Aplikasi yang berjalan di background dapat terus aktif meski telah kamu atur secara manual. Buka Settings > data usage > scroll untuk melihat aplikasi yang menggunakan koneksi. Bagian pertama menggambarkan “foreground” yang merupakan penggunaan koneksi data suatu aplikasi ketika aktif, sedangkan yang lain menggambarkan “background” yang merupakan penggunaan koneksi data ketika aplikasi berjalan di background. Pilih “restrict background data” untuk mencegah update semua aplikasi.

4. Cache Map
Kamu bisa menyimpan bagian atau area tertentu dari Google Maps menggunakan cache map. Download cache map menggunakan koneksi Wi-Fi dan kamu dapat membuka area tersebut tanpa perlu menggunakan koneksi mobile data. Tips ini penting sebelum kamu melakukan suatu perjalanan yang membutuhkan peta.

5. Compress Penggunaan Data pada Browser.
Web browser bisa memakan koneksi data yang besar, namun beberapa website memiliki optimasi untuk perangkat mobile yang bisa mengurangi penggunaan data. Gunakan fitur  "data compression" atau "reduced data usage" untuk mengurangi penggunaan koneksi data yang dapat mengurangi ukuran halaman web secara signifikan.

6. Matikan Koneksi bila Sedang tidak dibutuhkan
Jika Anda sedang tidak menggunakan smartphone untuk keperluan bisnis atau tidak begitu sering online, dan ingin menggunakan layanan data seperlinya saja, sobat bisa melakukan buka setting pilih nirkabel dan jaringan, lalu buka jaringan mobile. pada menu jaringan mobile buang tanda centang pada gunakan data paket supaya gadget kamu tidak terkoneksi ke internet, dan beri tanda centang jika ingin perangkat kamu terhubung ke internet. 

Sekian postingan Tips Menghemat Paket Data pada Smartphone Android semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS MENGHEMAT PAKET DATA PADA SMARTPHONE ANDROID"