TIPS MEMBELI MEMORY CARD UNTUK SMARTPHONE

Tips Membeli Memory Card
Bagi pengguna Handphone terutama yang seri terbaru pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya Memory Card. Saat ini beragam jenis tersedia dari yang paling murah (harganya) sampai yang mahal. Fungsi utama memory Card adalah untuk penyimpanan data, Anda dapat menyimpan data apa saja seperti foto, musik, dan lain-lain. Namun tahukah Anda bahwa Memory Card dapat mempengaruhi kinerja smartphone, jika Memory Card Anda tidak bagus maka kinerja smartphone Anda tentu akan menjadi kurang optimal.

Nah agar Memory Card Anda dapat berfungsi semaksimal mungkin, kali ini saya ingin berbagi informasi seputar Tips Membeli Memory Card untuk Smartphone. Tips ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membeli Memory Card untuk HP kesayangan.  Nah Ketika Anda ingin membeli SD Card, ada 4 hal yang harus dipertimbangkan : ukuran fisik, kapasitas penyimpanan, kecepatannya dalam menulis data dan Pilihan Membeli Memory Card.

Berikut ulasannya tentang Tips Membeli Memory Card untuk Smartphone seperti yang saya kutip dari salah satu situs online, silahkan disimak :

Ukuran Fisik Memory Card : 

Ada 3 ukuran pada Memory Card. Pertama SD Card, dimulai dari yang berukuran 32 x 24mm yang digunakan pada kamera digital, perekam video (handycam), perekam suara dan produk sejenisnya. Sedangkan sekarang smartphone menggunakan kartu yang lebih kecil lagi, sehingga ada Mini SD yang berukuran 21,5 x 20mm, dan kemudian Micro SD yang berukuran 11 x 15mm.

Anda bisa menggunakan Mini SD atau Micro SD pada SD Card, caranya dengan menggunakan adaptor SD Card, biasanya jika Anda membeli mini / micro SD dijual sekaligus dengan adaptor SD Card.  Jadi jika Anda ingin membeli dari ukuran fisiknya pilihan Micro SD, jika Anda ingin menggunakannya pada perangkat lain yang membutuhkan ukuran fisik yang lebih besar, Anda bisa menggunakan Adaptor SD Card.

Penyimpanan Data Memory Card : 

Ketika kita melihat penyimpanan datanya, ada tiga jenis kartu, yaitu : SD, SDHC (High Capacity) dan SDXC (Extended Capacity). Awalnya pada tahun 1999 SD Card dapat menyimpan data hingga 2GB menggunakan format FAT-12 atau FAT-16. Lalu pada tahun 2006 ketika konsumen membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi, diperkenalkannya lah kartu SDHC berkapasitas tinggi yang dapat menyimpan data hingga 32GB dengan format FAT-32. Setelah itu pada tahun 2009 muncul kartu SDXC yang mampu menyimpan data hingga 2TB (terabyte) menggunakan format dari Microsoft yaitu ExFAT (Extended File Allocation Table).

Apple dapat mendukung ExFAT dengan Mac OS X 10.6.5 (Snow Leopadard) sehingga Exfat menjadi pilihan terbaik untuk berbagi penyimpanan atau mentransfer data yang berukuruan besar. Jadi, SD Card dengan kapasitas 8GB dan 16GB sudah cukup besar untuk berbagai tujuan, namun tidak ada salahnya jika Anda memilih SD Card berukuran 32GB atau 64GB untuk memperluas penyimpanan data Anda. Jika Anda membeli SD Card dengan kapasitas 64GB atau 128GB, sangat penting untuk mengetahui dengan cara memeriksa apakah perangkat smartphone Anda didukung dengan kapasitas penyimpanan Micro SD sampai kapasitas 64GB bahkan 128GB? Biasanya smartphone terkini hanya mampu sampai 32GB saja.

Kecepatan Memory Card: 

SD Card memiliki kelas yang berbeda-beda. Kecepatan SD Card kelas 2 adalah 2MBps, kelas 4 adalah 4MBps, kelas 6 adalah 6Mbps dan kelas 10 adalah 10MBps atau lebih. Dalam hal ini kecepatan kartu dilihat dengan kecepatan mentransfer data, seperti 45MB / s atau 90MB / s. Disamping itu perlu diketahui juga bahwa megabyte perdetik – MBps, biasanya ditulis MB/ s, berarti 8 kali lebih cepat dari megabit perdetiknya (Mbps), karena 1 byte adalah 8 bit, berarti memory card kelas 2 yaitu 2 MBps kecepatan transfernya adalah 16Mbps.

Pilihan Membeli Memory Card: 

Jadi jika Anda membeli Memory card untuk handphone Agan, pilihlah kartu memory yang mendungkung dengan perangkat Agan, jika smartphone Anda mampu menampung hingga 32GB belilah memory card 32GB atau di bawahnya, jangan lebih dari 32GB. Dan juga perhatikan kecepatan transfer datanya.

Sekian postingan singkat tentang Tips Membeli Memory Card Untuk Smartphone, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://bangbiw.com/tips-membeli-memory-card-untuk-smartphone/

Post a Comment for "TIPS MEMBELI MEMORY CARD UNTUK SMARTPHONE"