TIPS & TRICK ELEKTRONIK

Solusi dan Bisnis Elektronik

TIPS MEMBELI KAMERA DIGITAL SAKU


Pengalaman saya saat membeli Kamera dulu adalah kebingungan memilih kamera apa yang cocok. Karena ketidak tahuan maka saya membeli kamera saku yang paling murah, alhasilnya kamera hanya bisa saya pakai beberapa bulan dan selebihnya terpaksa digudangkan.

Kamera digital saku (kamera digital kompak) sangat praktis dan cocok dimiliki oleh pengguna awam (amatir). Kamera digital saku tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan rentang harga. Jika anda ingin memiliki sebuah kamera digital saku untuk jangka waktu panjang maka anda perlu memilih kamera tersebut secara seksama.

Nha berikut adalah beberapa tips yang akan membantu anda menemukan kamera yang cocok untuk anda yang saya kutip dari olvista.com, silahkan disimak :

1. Pahami Istilah dan Fitur Dasar Kamera Digital
Sebaiknya anda mengetahui istilah dan fitur dasar sebuah kamera seperti resolusi, megapixel, perbesaran optik (optical zoom), perbesaran digital (digital zoom), kartu memori (memory card), dsb.

2. Tentukan Anggaran yang Anda Sediakan
Uang di tangan sulit dikendalikan, apalagi di kartu kredit. Jika anda tidak membatasi anggaran maka ada banyak sekali kamera mahal yang menggoda untuk dibeli, padahal belum tentu cocok untuk anda.

3. Tentukan Spesifikasi Teknis Minimal yang Diinginkan
Misalnya kamera yang anda butuhkan mempunyai spesifikasi minimal sbb: resolusi 6 megapixel, LCD 2.5 inci, optical zoom 3x, dst

4. Lakukan Survei terhadap Pengguna
Kamera digital sudah menjadi gadget yang sangat populer, hampir semua teman anda memilikinya. Carilah informasi mengenai kamera yang digunakan oleh teman-teman anda dan kesan mereka tentang kamera yang mereka miliki, apa kelebihan dan kekurangannya. Tanyakan juga di mana toko kamera yang baik.
Tentu saja anda juga bisa melakukannya secara online dengan mencari informasi di situs komunitas atau forum penggemar kamera digital.

4. Lakukan Survei Harga
Cobalah cek harga di beberapa toko atau website penjualan mengenai rentang harga yang wajar berdasarakan spesifikasi minimal yang telah anda tetapkan. Ketika membandingkan biaya, pastikan untuk menghitung biaya tambahan yang mungkin harus dimasukkan, seperti baterai isi ulang dan charger, dan kartu memori yang cukup besar. Anda juga mungkin harus membeli “safety case” untuk keamanan kamera anda.

5. Perhatikan Kualitas Gambar
Kualitas gambar adalah yang paling utama untuk diperhatikan. Siapapun menginginkan hasil foto yang tajam dan jelas. Jangan percaya pada kualitas gambar yang ditampilkan dalam brosur, karena itu hasil pemotretan oleh fotografer professional meskipun memang menggunakan kamera saku tsb.

6. Pilih Kamera dengan LCD Jelas dan Lebar
Semakin terang LCD semakin jelas kualitas hasil pemotretan yang anda dapatkan. LCD yang jelas juga memudahkan anda mengatur efek pencahayaan pada objek yang akan anda foto. LCD yang lebar memungkinkan anda melihat objek dan hasil foto secara lebih detail.

7. Pilih Kamera dengan Zoom Optik yang Besar
Perhatikan besaran zoom optik (optical zoom) dan bukan besaran zoom digital (digital zoom). Zoom (perbesaran gambar) optik memperbesar gambar dengan pengaturan lensa sehingga tidak mempengaruhi kualitas gambar. Zoom digital menggunakan perangkat lunak untuk memperbesar gambar sehingga mengurangi kualitas gambar. Selagi harga sebuah kamera tidak melampaui anggaran anda, maka makin besar besaran zoom optik semakin baik.

8. Pilih Kamera dengan Besaran Megapiksel Besar
Meskipun besaran megapiksel merupakan ukuran kuantitas (detail gambar) dan bukan merupakan ukuran kualitas. Mempunyai kamera dengan angka megapiksel besar menguntungkan jika anda ingin memotong (cropping) gambar. Angka megapiksel yang besar memang memakan memori lebih banyak untuk setiap gambar, namun anda bisa saja mengatur angka megapiksel yang lebih kecil sebelum memotret. Ukuran file foto juga dapat dengan mudah diperkecil setelah pemotretan. Jadi selagi harganya belum melampaui anggaran anda, memiliki kamera dengan angka megapiksel yang besar lebih menguntungkan.

9. Uji Kemudahan dan Kenyamanan
Luangkan waktu memegang dan menggunakan kamera di toko untuk merasakan kemudahan dan kenyamanan menggunakan kamera tersebut dan mengelola menu yang ada pada layar LCD.

10. Tawar
Jangan lupa untuk meminta diskon atau bonus misalnya sarung kamera, kartu memori, baterai ekstra, voucher cetak gratis, voucher belanja, dll. Beberapa toko juga menerima tukar tambah dengan kamera lama anda.

11. Dapatkan Informasi Jaminan Produk dan Kebijakan Toko
Pelajari tentang semua jenis jaminan produk dari produsen (pabrik) yang tersedia untuk pembelian sebuah kamera. Dapatkan pula informasi tentang kebijakan dan jaminan toko mengenai pembelian kamera tersebut.

Sumber Artikel : http://olvista.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori digital camera / Kamera / kamera digital / Tips Kamera / tips membeli kamera dengan judul TIPS MEMBELI KAMERA DIGITAL SAKU. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://balektronik.blogspot.com/2013/06/tips-membeli-kamera-digital-saku.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "TIPS MEMBELI KAMERA DIGITAL SAKU"

Post a Comment