TIPS MENGHEMAT LISTRIK DI DAPUR ANDA

Beberapa peralatan elektronik seperti microwave, blender, rice cooker, lemari es dan lainnya biasanya kita letakkan di dapur. Kita sering menggunakan perabot elektronik, di dapur, secara bersamaan. Tanpa disadari, kita sering melakukan pemborosan listrik di dapur.

Bila kita ingin menghemat penggunaan listrik, di dapur, sebenarnya tidak sulit, Cukup lebih berhati-hati dalam menggunakan setiap perabot dan tentunya dengan memperhatikan beberapa hal yang terkait peralatan tersebut.

Berikut beberapa langkah konkritnya yang bisa kita lakukan untuk melakukan penghematan listrik di dapur seperti yang saya kutip dari Tips Rumah dot Com,  antara lain:

Tips Menghemat Listrik untuk Lemari Es
  1. Selalu pastikan pintu lemari es terutup rapat.
  2. Jangan terlalu sering atau terlalu lama membuka pintu lemari es. Pintu yang sering atau lama dibuka akan membuat hawa dingin keluar. Hal ini mengakibatkan kinerja kompresor juga meningkat. Konsumsi listrik pun bertambah.
  3. Atur suhu lemari es sesuai kebutuhan. Semakin dingin, semakin banyak listrik yang dibutuhkan.
  4. Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas. Hal ini dapat mengurangi tinkat dingin lemari es. Di sisi lain, dapat membuat makanan cepat busuk.
  5. Jauhkan lemari es dari sumber panas.
Tips Menghemat Listrik untuk Blender
  1. Tambahkan air secukupnya pada bahan yang akan dihaluskan. Hal ini perlu dilakukan untuk meringankan kerja motor blender . Motor bekerja ringan, konsumsi listrik pun berkurang.
  2. Jika memungkinkan haluskan lebih dari satu bahan sekaligus. Dengan demikian, lebih hemat listrik, dibandingkan menghaluskan bahan makanan atau bumbu, satu per satu.
Tips Menghemat Listrik untuk Rice Cooker
  1. Diamkan dulu beras yang sudah direndam air, selama 30 menit, sebelum dimasak dengan rice cooker . Hal ini dilakukan, agar beras mengembang dulu, secara alami. Dengan demikian, akan menghemat waktu penanakan nasi dengan rice cooker .
  2. Tanaklah nasi sesuai kebutuhan keluarga. Kalau perlu satu kali menanak nasi untuk satu kali makan. Jadi, tidak perlu terus-terusan menyalakan rice cooker untuk menghangatkan nasi.

Sekian postingan Tips Menghemat Listrik untuk Alat Dapur kita, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://tipsrumah.com

Post a Comment for "TIPS MENGHEMAT LISTRIK DI DAPUR ANDA"