TIPS PRAKTIS MEMBELI DAN MEMILIH UPS KOMPUTER

Salah satu model UPS yang sering digunakan
Pada salah satu postingan di blog Balektronik ini saya sudah memposting Bahaya Mati Listrik Mendadak Bagi Komputer yang mana dengan kondisi tersebut Anda tentunya membutuhkan alat lain yaitu berupa UPS (Uninterruptible Power Supply). UPS sendiri kadang juga disebut sebagai baterry backup.  UPS (Uninterupted Power Supply) adalah alat yang dapat menyimpan arus listrik 220volt kedalam batery 12volt dan mengeluarkannya lagi dalam 220volt. Bentuk UPS beragam namun yang paling sering kita lihat UPS berbentuk kotak. 

Nah bagi Anda yang belum memiliki UPS dan ingin membelinya, tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa item atau criteria agar mendapatkan UPS yang bagus dan sesuai kebutuhan anda. Berikut beberapa Tips membeli dan memilih UPS seperti yang saya kutip dari salah satu blog, silahkan disimak :

Pastikan daya UPS lebih besar dari daya Power Supply KOMPUTER anda. 
Power Supply biasanya dalam satuan watt sementara kapasitas UPS dalam satuan VA.
Satuan watt dan satuan VA tidak sama ( Watt = VA X Power Factor ) biasanya di kardus UPS tertera beberapa besar Kapasitas VA dan Power Factor

Cek kapasitas baterai UPS. 
Berapa lama UPS dapat hidup (membeckup) ketika listrik padam biasanya sekitar 15 – 30 menit tergantung pemakaian .

Pastikan UPS di lengkapi dengan AVR (stabilizer) dan Fuse (anti petir) yang berkualitas
AVR (stabilizer) dan Fuse (anti petir) yang berkualitas penting sehingga jika tegangan listrik turun atau pun tidak stabil, maka kerusakan di komputer atau komponennya dapat di cegah

Pilih UPS memiliki transfer time yang kecil
UPS dengan transfer time yang kecil akan dengan cepat menganti pasokan daya dan komputer tidak mengalami restart bila listrik padam.

Sekian postingan Tips Praktis Membeli dan Memilih UPS KOMPUTER, semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga postingan Tips Merawat UPS Agar Tetap Awet.

Sumber Artikel : agitaafrina.wordpress.com

Post a Comment for "TIPS PRAKTIS MEMBELI DAN MEMILIH UPS KOMPUTER"