TIPS AGAR TIDAK KESETRUM SAAT MEMEGANG CASING KOMPUTER

Kesetrum Listrik
Postingan sebelumnya saya sudah membahas Tips Cara Cerdas Memilih Casing Komputer, maka kali ini masih dengan tema yang sama saya ingin berbagi Tips Agar Tidak Kesetrum Saat Memegang Casing Komputer. Saya pernah merasakan kesetrum saat memegang casing saat awal-awal dulu punya komputer rakitan. Mungkin diantara pembaca banyak juga pengguna komputer yang mengeluh kesetrum saat menyentuh casing komputer. Padahal menurut teori, power supply sudah menurunkan tegangan listrik pada casing dari 220 V menjadi 5 V dan 12 V. Jika hal ini terjadi, maka ada yang tidak beres dengan grounding electric pada casing tersebut atau memang grounding electric rumah anda yang bermasalah. 

Bagi Anda yang pernah punya pengalaman yang sama, berikut beberapa tips dan triks yang dapat dilakukan untuk memastikan casing anda tidak “nyetrum” lagi, silahkan ikuti langkah berikut :
  1. Siapkan paku sepanjang 3 cm dan kabel sepanjang satu meter. Jika ada, gunakan kabel yang memiliki inti tunggal, bukan kabel serabut. Kupas kedua ujung kabel sekitar 3 cm.
  2. Matikan komputer anda dan cabut steker dari colokan listrik di rumah anda.
  3. Kendurkan salah satu baut yang memiliki fungsi untuk menahan power supply. Letaknya ada di belakang dekat kipas, umumnya di bagian atas.
  4. Lilitkan salah satu sisi kabel ke badan baut yang anda kendurkan tadi lalu pasang kembali baut tersebut dengan benar.
  5. Lilitkan ujung kabel satunya pada paku lalu tancapkan pada dinding atau lantai rumah anda dengan palu.
Bila sudah melakukan langkah diatas dan bila masih terasa hanya sedikit geli di tangan ketika dipegang, maka itu adalah wajar. Caranya adalah pegang dengan benar, sentuh dengan ketat jangan ada jarak maka tidak akan terasa geli lagi. 

Sekian postingan singkat tentang Tips Agar Tidak Kesetrum Saat Memegang Casing Komputer, semoga bermanfaat bagi Pembaca Blog Tips Elektronik sekalian

Sumber Artikel : belajar-komputer-mu.com

Post a Comment for "TIPS AGAR TIDAK KESETRUM SAAT MEMEGANG CASING KOMPUTER"