TIPS YANG WAJIB ANDA KETAHUI SEBELUM MEMBELI CCTV



Saat ini kebutuhan akan pengamanan yang lebih terhadap asset yang dimiliki perlu mendapat perhatian ekstra. Tiap hari kita lihat di televise maupun berita online, ada saja kasus perampokan yang menimpa baik tempat usaha maupun rumah. Karenanya diperlukan upaya lebih guna dapat memantau dan mengawasi asset kita, salah satu caranya adalah dengan memakai CCTV.

Secara fungsi umum CCTV berfungsi sebagai pencegahan, mengawasi dan sebagai barang bukti rekaman apabila ada kejadian yg tertangkap oleh kamera. Namun seiring berkembangnya jaman cctv sudah menjadi standar kebutuhan akan meningkatnya pelayanan publik, dan standar keamanan.Cctv bisa memantau secara langsung ataaupun secara online, namun harus diketahui kebutuhan, lokasi, penempatan kamera agar Berfungsi maksimal.

Nah berikut beberapa tips yang wajib anda ketahui sebelum membeli CCTV seperti yang saya kutip dari postingan salah satu blog, silahkan disimak : 

1. Tentukan Kebutuhan Area Pengawasannya
Langkah awal adalah tentukan berdasarkan jarak pandang, pencahayaan dan lokasi pemasangannya, ini penting karena jumlah kamera sangat menentukan budget anda.

2. Harga CCTV
Dengan seiring perkembangan industri cctv, banyak sekali yg menawarkan berbagai macam merk, type, dgn spesifikasi beragam, anda harus. Mengetahui jenis kamera yaitu kamera analog dan IP kamera, juga harus mengetahui tentang spesifikasi dr kamera tersebut mulai dr resolusi, infra red dll. Dari spesifikasi, jenis dan spek kamera tersebut sangat mempengaruhi dari segi harga,

3. Tentukan Target
Secara umum metode penempatan kamera dibagi menjadi dua. Pertama : memantau aset secara langsung ( mobil, brankas, brng elektronik,karyawan dll ) kedua : mematikan akses ( memantau akses yg dicurigai atau tempatnya lalu lintas di suatu ruangan, atau akses yg dicurigai menjadi akses orng masuk ke kawasan seperti: pagar, tembok benteng,pintu, dll )

4. Kualitas produk
Hindari dengan iming-iming cctv berharga murah atau harga dibawah pasar, periksa dan teliti kualitasnya dengan cara mencari referensi ke internet, ke relasi atau yg sudah pasang cctv. Cari tau informasi tentang resolusi kamera, kualitas, garansi, pelayanan purna jual. Hal ini sangatlah penting dikarenakan penggunaan cctv adalah jangka panjang dan berkelanjutan, sehingga faktor kualitas dan daya tahan menjadi prioritas utama.

5. Garansi
CCTV sama seperti barang elektronik lainnya, memiliki kemungkinan terjadinya kerusakan/ gagal produksi, untuk mengantisipasi hal diatas perlu mencari tahu garansi produk yg ditawarkan, lama garansi dan sistem garansi.

6. Demo Produk
Apabila sudah mengetahui rencana barang yg akan di beli, mulai dari kualitas,model dan sistem kerja, mintalah vendor untuk melakukan surfey tempat dan demo produk terlebih dahulu, dan pastikan apakah bisa di remot via internet atau smartphone.

7. Service dan Maintenance ( after sales )
Dikarenakan tidak semua orang fahan mengenai teknis cctv, pastikan anda me nanyakan ketentuan (term of service) dari penjual cctv, pastikan penjual bersedia melakukaan service. Ketempat kita atau tidak ? Pastikan anda mendapatkan kontrak after sales dari penjual. 

Sekian postingan singkat tentang tips yang wajib anda ketahui sebelum membeli CCTV, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Artikel : glovisioncctv.com

Post a Comment for "TIPS YANG WAJIB ANDA KETAHUI SEBELUM MEMBELI CCTV"