TIPS CARA MENDETEKSI ELEKTRONIK PALSU

Postingan sebelumnya Tips Elektronik sudah pernah memposting Tips Memilih dan Membeli Barang Elektronik Bekas, kali ini saya akan berbagi tips mendeteksi kepalsuan barang elektronik yang akan kita beli.

Saat ini barang elektronik dengan beragam fungsi tersedia, mulai dari hal terkecil sampai yang terbesar. Menjamurnya jenis dan model elektronik juga mendorong para pedagang menjual dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan meraup keuntungan yang lebih besar. Bahkan tidak jarang pedagang nakal menjual elektronik palsu dan mengecoh para pembelinya. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk membedakan antara elektronik asli dan palsu seperti yang saya kutip dari dari Properly, silahkan disimak :

Test Coba Nyalakan
Elektronik palsu atau tiruan terlihat sangat mirip dengan yang asli, namun hampir semuanya tidak berfungsi dengan baik. Jika anda tidak dapat menyalakannya, anda mendapatkan masalah. Anda tidak seharusnya membeli elektronik yang tidak dapat dinyalakan. Jadi pastikan anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Perhatikan Kesalahan Ejaan
Sejak elektronik palsu banyak beredar di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris, anda dapat menemui kesalahan ejaan dalam dus atau wadah penyimpannya. Itu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah. Banyak label yang melekat di elektronik merupakan buatan seseorang yang mampu berbahasa inggris dan tidak bisa menjamin bahwa ejaan mereka benar sesuai dengan label aslinya.

Jangan Lupa Cek Kode Produksi
Kode tanggal produksi yang tidak pernah ada atau yang tidak sesuai dengan yang tercantum di dus, maka itu pertanda produk elektronik anda palsu. Seorang penjahat tidak selalu teliti dan mereka berpikir anda tidak akan memerhatikan hal-hal kecil seperti itu.

Cari dan Temukan Hologram
Beberapa hal sulit dipalsukan. Jika anda menemukan tanda sertifikasi yang memiliki reputasi seperti hologram pada dus dan produk. Jika anda menemukan hologram yang tersertifikasi, maka anda terlepas dari tindakan penipuan.

Lihat Kondisi Keuangan Anda
Jangan memaksakan diri membeli produk elektronik jika anda tidak memiliki cukup uang dan akhirnya justru membeli produk di tempat-tempat yang tidak terjamin kualitasnya. Itu sama saja anda melakukan perbuatan ‘bunuh diri’ dengan terlibat dalam perdagangan ilegal hanya untuk mengejar harga murah namun tidak berkualitas.

Sekian postingan singkat tentang Tips Cara Mendeteksi Elektronik Palsu, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : poperly.com

Post a Comment for "TIPS CARA MENDETEKSI ELEKTRONIK PALSU"