TIPS CARA MERAWAT HARDISK

Cara Merawat Hardisk
Pada postingan terdahulu, Tips Elektronik telah banyak memposting tentang Tips seputar Komputer, kali ini masih dengan tema yang sama terkait computer, Tips Elektronik akan membahas tentang Tips Praktis Cara Merawat Hardisk.

Kita ketahui bersama bahwa data yang tersimpan di dalam Hardisk tidak akan hilang walaupun komputer kita mati (akan menyimpan otomatis). Hardisk saat ini sudah berkembang yaitu semakin tipis bentuk fisiknya dan memiliki daya tampung yang sangat besar.Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. 

Nah berikut beberapa tips praktis merawat hardisk yang dapat kita lakukan agar hardisk kita tetap awet seperti yang saya kutip dari salah satu postingan blog, silahkan disimak :

1. Jangan Menutup Rapat Lubang Casing,
Hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga suhunya agar tetap dingin, karna panas dapat merusak hardisk. jadi berikanlah celah angin-angin agar udara bisa masuk dan hardisk anda tetap terjaga suhunya.

2. Matikan Komputer dengan Benar, 
Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar.

3. Taruh CPU di tempat yang di aliri udara, 
Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas juga akan mengganggu kesehatannya, Seperti manusia. jangan taruh CPU pada tempat yang lembab.

4. Lakukan pengecekan hardisk dengan defrag, 
Nah cara ini sangat efisien untuk menjaga kinerja si hardisk. Usahakan sahabat lapkom untuk defrag harisk untuk waktu berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Pastikan kipas tetap berputar. 
Jika di hardisk anda tidak ada kipasnya anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. dan selalu periksa power supply yang mengaliri tegangan ke dalam hardisk anda.

6. Jangan bermain-main dengan install ulang. 
Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.

7. Gunakan Antivirus 
Antivirus akan mampu membuat hardisk kamu lebih sehat karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di hardisk. Antivirus juga bisa melindungi kamu dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang. Untuk itu pastikan kamu menggunakan antivirus yang up to date dan memiliki license resmi baik itu license gratis ataupun berbayar.

8. Hapus Data yang Tidak Perlu. 
Sebaiknya kamu secara rutin menghapus data yang tidak perlu dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga hardisk tidak bekerja terlalu keras.

Sekian postingan singkat tentang Tips Cara Merawat Hardisk, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan jangan lupa simak Tips Komputer lainnya

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS CARA MERAWAT HARDISK "