TIPS CARA MENGANALISA KEKUATAN SINYAL WI-FI DI SEKITAR KITA

Tampilan Wi-fi Analyzer
Saat ini koneksi internet bukan lagi menjadi barang mahal bahkan bagi sebahagian orang menjadi kebutuhan. Bagi yang berkantong tebal tentu koneksi internet bukan merupakan sebuah masalah karena bisa membeli kuota dengan kapasitas yang besar. Namun bagi yang pas-pasan pilihan lain adalah mencari wi-fi gratis yang banyak tersebar baik di area public (taman) maupun warung kopi (di Aceh hampir semua warung kopi memberikan fasilitas Wi-fi Gratis.

Kekuatan sinyal Wifi yang didapat tentu akan berpengaruh terhadap kelancaran koneksi data, oleh karenanya mendeteksi kekuatan sinyal Wifi sangatlah perlu. Apalagi bagi kamu yang bekerja dibidang Jaringan Internet atau Networking. Karena dengan mengetahui kekuatan sinyal wifi, dan channel Wifi yang digunakan, kamu bisa menentukan titik interfrensi terendah dan menentukan lokasi yang pas supaya sinyal yang diterima selalu pol mentok alias excelent. 

Bagi kamu pengguna Android, ada cara mudah untuk mengetahui kualitas sinyal Wifi dengan bantuan aplikasi bernama Wifi Analyzer. WIFI ANALYZER.apk bisa dicari di Playstore.

Wifi Analyzer berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kekuatan sinyal Wifi yang didapat pada lokasi dimana kamu sedang berada. Dengan aplikasi inipun kamu dapat mengetahui channel Wifi yang akan kamu gunakan. Sehingga ketika di daerah sekitar kamu terdapat banyak sinyal Wifi yang bertebaran, kamu dapat dengan mudah menentukan Channel mana yang tersedia bebas sehingga tidak terjadi interferensi dengan sinyal Wifi tetangga. 

Tampilan yang disediakan aplikasi inipun bisa dibilang sangat sederhana, karena di aplikasi Wifi Analyzer ini hanya terdapat 5 view dimana setiap view-nya akan memberikan informasi yang berbeda-beda seperti AP list, Signal meter, Channel Graph, Time Graph, dan Channel Rating dan untuk berpindah dari view satu ke view yang lain, kamu tinggal menggeser atau men-slide jarimu ke layar Android. Di Wifi Analyzer ini juga terdapat menu Snapshoot dan Send yang berguna untuk membagikan informasi dari Wifi Akses Poin ke orang lain.

Cukup berguna apalagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia jaringan internet, karena dengan adanya Wifi Analyzer ini kamu ngga perlu repot-repot lagi buka laptop untuk mengetahui sinyal Wifi, tinggal buka Android, ketahuan deh informasi Sinyal Wifi-nya. So bagi kamu yang hobinya men-scan-scan dan mempointing-ponting, aplikasi Wifi Analyzer ini adalah tool yang wajib untuk kamu coba dan kamu gunakan.

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS CARA MENGANALISA KEKUATAN SINYAL WI-FI DI SEKITAR KITA"