TIPS CARA CERDAS MEMBERSIHKAN CARTRIDGE PRINTER


Bila orang menyebut istilah kata cartridge, pasti yang ada di benak Anda adalah bagian yang ada di dalam printer Cartridge adalah benda yang menempel di printer. Ketika printer tidak memiliki cartridge, sudah pasti printer tersebut tidak dapat bekerja atau menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi dari cartridge itu sendiri yaitu sebagai tempat untuk penampungan tinta yang kemudian akan dialirkan menuju head sehingga terjadilah sebuah percetakan.

Dari pengertian diatas Anda sudah bisa mengetahui bahwa cartridge memiliki peran yang sangat penting untuk printer inkjet. Jika tidak ada cartridge, maka printer tersebut sudah pasti tidak akan bisa digunakan untuk mencetak. Komponen ini bisa Anda lepas atau diganti. Untuk setiap merek printer biasanya mempunyai cartridge yang berbeda-beda. Misalnya cartridge pada printer merek Epson yang posisinya terpisah dengan head 


Mengisi ulang tinta dengan menggunakan cartridge printer lama adalah salah satu tindakan ramah lingkungan yang bisa Anda lakukan. Untuk memastikan cartridge printer dapat digunakan lagi sehingga tidak harus langsung dibuang, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara membersihkan cartridge yang benar. Artikel ini akan membagi langkah-langkah penting yang dapat dilakukan supaya cartridge lebih awet dan dapat digunakan lagi.


Mengeluarkan cartridge dari printer

Sebelum membersihkan cartridge, hal paling mendasar yang harus diterapkan adalah mengeluarkan cartridge dengan benar.  Ada berbagai macam merek printer yang beredar di pasaran, dengan bentuk cartridge yang berbeda-beda. Pastikan Anda membaca dengan cermat petunjuk cara mengeluarkan cartridge yang biasanya disediakan produsen printer. Simpan lembar petunjuk agar dapat dijadikan referensi mengeluarkan cartridge.


Cara membersihkan cartridge printer

Perlengkapan yang Anda perlukan untuk membersihkan cartridge printer 

  • kain lap
  • alcohol
  • cotton bud 
  • air hangat


Langkah-langkah  membersihkan cartridge printer

Setelah Anda berhasil mengeluarkan cartridge, Anda dapat membersihkannya dengan mengikuti langkah cara membersihkan kartrid printer berikut ini. Lakukan seluruh langkah ini dengan cermat dan hati-hati.

  • Siapkan kain lap berbahan lembut dan alkohol.
  • Lipat kain lap menjadi dua atau empat bagian, lalu tetesi dengan alkohol.
  • Bagian dari cara membersihkan kartrid printer adalah mengelap bagian luarnya untuk mengangkat sisa tinta.
  • Siapkan cotton bud atau kapas bertangkai dan air hangat untuk membersihkan bagian kepala cetak kartrid.
  • Celupkan kapas bertangkai ke dalam air hangat, lalu pakai untuk mengangkat kotoran tinta yang ada di bagian kepala cetak kartrid. Tekan kapas pelan-pelan agar menyerap kotoran tinta. Hindari gerakan mengusap atau menggosok karena dapat menggores kepala cetak.
  • Setelah bagian kepala cetak kartrid bersih, lanjutkan membersihkan bagian chip yang berbentuk titik-titik kecil berwarna keemasan dan terletak di bagian belakang kartrid. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas tangkai atau tisu kering.
  • Keringkan kartrid dengan cara meletakkannya di atas kain lap atau tisu kering. Cara meletakkan kartrid yang benar adalah dengan memposisikan bagian chip berada di atas.


Memasang kembali cartridge printer

Setelah menerapkan cara membersihkan cartridge, waktunya Anda memasang kembali cartridge printer. Sama seperti saat melepasnya, ikuti panduan cara memasang cartridge yang benar sesuai dengan merek produk yang Anda miliki. Kunci melepas dan memasang cartridge adalah membaca panduan dengan seksama serta jeli memahami posisi letak cartridge di dalam printer, karena memasang dan melepas cartridge dengan cara dipaksa hanya akan menyebabkan kerusakan. 


Sekian postingan Tips Cara Cerdas membersihkan Cartridge Printer, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian


Sumber Artikel : cleanipedia.com

Post a Comment for "TIPS CARA CERDAS MEMBERSIHKAN CARTRIDGE PRINTER"