TIPS CARA MERAWAT HEADPHONE

Sebuah pemutar musik tentunya tidak akan bekerja baik tanpa adanya headphone. Apabila kita sering mendengarkan musik melalui pemutar music yang kita miliki, seperti misalnya iPod, tentu kita juga akan sering menggunakan headphone. Namun, disi lain, penggunaan headphone yang salah dapat menyebabkannya cepat rusak.

Headphone
Apakah Anda termasuk orang-orang yang sering bergonta-ganti Headphone, karena benda yang satu ini cepat rusak, misalnya pada earbud atau kabelnya? Ada banyak hal yang dapat merusak headphone. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara merawat Headphone yang benar untuk mengatasi hal tersebut.

Barang yang cepat rusak merupakan hal yang menjengkelkan. Pada Headphone, apabila Anda merusaknya dalam waktu yang cepat atau berkali-kali, maka ini bukanlah hal yang wajar dan pastilah ada penyebabnya. Namun, apabila headphone yang Anda miliki telah dipakai selama sekitar tiga tahun dan kemudian mengalami kerusakan, maka itu merupakan hal yang wajar. Kali ini Paseban akan memberikan  Tips Cara Merawat Headphone dan Penyebab Headphone Cepat Rusak.

Beri perlindungan pada Headphone
Alasan mengapa headphone cepat rusak akan tertuju pada cara penggunaan Anda. Apakah Anda sering menggunakan headphone untuk menemani aktifitas Anda sehari-hari? Seringnya Anda menggunakan headphone dapat menyebabkan ketahanannya menurun. Ya, headphone memang memiliki daya tahan, namun daya tahan ini juga ada batasnya. Ini merupakan masalah bagi Anda yang suka mendengarkan musik melalui pemutar musik. Mungkin, Anda termasuk orang yang akan menempelkan headphone pada telinga dimanapun dan kapanpun Anda berada, entah saat akan bekerja, jalan-jalan, untuk menemani Anda lari pagi, atau saat berada di kendaraan umum. Cara penggunaan seperti inilah yang perlu Anda kurangi sedikit demi sedikit, karena bisa saja terjadi hal yang tidak terduga pada headphone, seperti misalnya kabel headphone yang tersangkut di kursi. Headphone memiliki komponen yang sensitif, jadi lindungi headphone pada saat Anda menggunakannya di tempat umum, atau bisa dengan mengurangi intensitas penggunaannya.

Cara penempatan Headphone
Kabel merupakan komponen penting bagi sebuah headphone. Ini merupakan penghubung antara pemutar musik Anda dengan headphone itu sendiri. Namun apa yang akan Anda lakukan apabila telah selesai menggunakan headphone? Apakah Anda akan menggulungnya tak beraturan? Atau mungkin menggulungnya pada pemutar musik Anda? Hindari hal-hal tersebut, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kabel headphone. Lebih mudahnya, gulung kabel dengan rapi hingga membentuk lingkaran dan masukkan pada case-nya. Mengapa perlu dimasukkan pada case? Karena apabila Anda meletakkan headphone pada sembarang tempat, maka hal tersebut dapat mencelakakan hedphone itu sendiri. Anda sering menempatkan headphone di kantong celana pada saat sudah selesai menggunakannya? Maka resiko kerusakan headphone akan semakin besar. Untuk amannya, masukkan headphone pada case yang Anda dapatkan pada saat pembelian headphone, atau jika tidak ada, Anda bisa membeli case yang pas untuk headphone Anda.

Volume terlalu keras!
Mungkin cara Anda melindungi headphone sudah benar, namun cara pada saat Anda mengaktifkan headphone bisa saja salah. Ketika Anda mendengarkan musik, bagaimana menurut Anda tentang volume yang Anda tetapkan? Apakah menurut Anda biasa-biasa saja? Tidak apa-apa jika volume biasa saja, namun apabila sudah mencapai level yang ekstrem, maka Anda perlu menguranginya. Suara yang keras dapat menyebabkan beberapa komponen headphone bergerak, dan akan menurunkan kualitas suara. Khususnya, apabila Anda men-set bass terlalu tinggi. Jadi, dengarkan musik secara wajar namun nyaman bagi penggunaan Anda.

Kualitas Headphone itu sendiri
Apakah perbedaan headphone yang berharga kurang dari seratus ribu dengan headphone yang berharga di atas lima ratus ribu? Jawabannya ada pada kualitas audio, kenyamanan, customer service, dan lain sebagainya. Tentu, ada juga headphone yang berharga murah namun memiliki kualitas yang tidak buruk. Tetapi secara umum, daya tahan dan kualitas headphone akan semakain meningkat mengikuti harganya. Pilihannya ada pada Anda. Namun, apabila Anda membeli headphone yang berharga pas-pasan, dengan mengikuti cara merawat headphone tadi, maka akan sedikit resiko yang dapat menyebabkan headphone itu rusak. Dan jika Anda membeli headphone dengan harga yang mahal karena kualitasnya, maka resiko kerusakan akan
semakin kecil.

Sekian postingan TIPS CARA MERAWAT Headphone semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : portal.paseban.com

Post a Comment for "TIPS CARA MERAWAT HEADPHONE"