TIPS MENENTUKAN LAPTOP IDAMAN

Karena Laptop lama yang biasa saya gunakan untuk beronline ria sudah sering mengulah, karenanya ada rencana membeli Laptop baru. Nah sama saya kebingungan mencari laptop yang cocok bagi saya. Singkat kata saya menemukan tips yang juga berguna bagi Kamu yang akan membeli komputer jinjing, biasanya kebingungan memilih apakah membeli notebook, ultrabook atau netbook. Apalagi banyak merek dan tipe yang ditawarkan oleh vendor dengan bermacam fitur dan keunggulan masing-masing.

Nah seperti yang saya kutip dari Koranjitu, sebelum membeli laptop kita harus tentukan atau jawab beberapa pertanyaan yang nantinya bisa membimbing kita mencari laptop idaman. Ada beberapa hal yang mungkin perlu Kamu jawab sendiri. Pertanyaan pertama  adalah memilih komputer jinjing untuk apa ? Pekerjaan, kuliah, main game, atau yang lainnya. Pertanyaan kedua adalah seberapa besar budget atau anggaranmu.  Jika ini sudah terjawab, maka Kamu akan fokus dalam memilih komputer jinjing dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

Mencari Referensi Harga dan Spesifikasi.
Sebelum membeli laptop, sebaiknya Kamu mencari referensi harga dengan cara browsing atau menuju website toko resmi yang disediakan oleh layanan online tersebut agar Kamu memiliki gambaran harga dan spesifikasinya disesuaikan dengan dana dan kebutuhanmu.

Pilih Merk Berkualitas.
Pilih notebook, ultrabook atau netbook yang bermerk yang sudah teruji kualitasnya dan memiliki jaringan yang luas sehingga kalau ada permasalahan tidak usah terlalu jauh untuk berkonsultasi atau memperbaikinya.

Sesuaikan Dengan Kebutuhanmu.
Pilih laptop sesuai kebutuhanmu, jika Kamu ingin membeli laptop hanya karena Kamu sering kerja di luar kota, bepergian, kuliah atau sekolah, sebaiknya Kamu memilih notebook atau netbook dengan ukuran 10 - 12 inci, karena mudah dibawa, praktis, tidak terlalu berat, daya tahan baterai cukup lama, memori lumayan besar, tidak cepat panas dan ada fasilitas bluetooth, webcam dan WiFi. Jika Kamu ingin membeli laptop untuk programmer atau bermain game baik untuk gameonline ataupun offline, sebaiknya Kamu membeli laptop dengan ukuran layar 12-17 inci. Dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB, VGA minimal 1 GB dengan dukungan sound card, baterai tahan lama, ada fasilitas bluetooth, webcam, WiFi dan prosesor khusus game atau multi core. Jika Kamu seorang pebisnis sebaiknya menggunakan ultrabook. Selain memiliki fitur yang unggul juga memiliki prestise yang tinggi di hadapan rekan bisnismu.

Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan.
Jika Kamu akan membeli laptop murah dengan anggaran Rp 2 – 3,5 jutaan sebaiknya Kamu memilih netbook dengan spesifikasi yang lumayan bagus. Disarankan cari netbook yang memiliki fitur WiFi, webcam, baterai tahan lama, RAM minimal 1GB, dan prosesor yang lumayan bagus. Sedangkan bagi  yang memiliki dana antara Rp 3,6 – 6 jutaan sebaiknya Kamu memilih laptop atau notebook yang di dalamnya bisa digunakan untuk membuka CD/DVD, memiliki prosesor dan RAM lebih tinggi dari netbook, memiliki fitur WiFi, bluetooth, webcam dan baterai tidak cepat panas tahan lama. Jika Kamu memiliki dana berlebih dan memiliki fitur paling tinggi maka belilah ultrabook. Selain tipis, dengan prosesor mumpuni dan kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh netbook atau laptop.

Pilih Yang Bergaransi.
Jika Kamu membeli dari toko komputer, sebaiknya pertimbangkan garansi toko yang ada pada laptop yang Kamu beli, karena jika terjadi kerusakan pada laptop bisa diperbaiki atau bahkan ditukar dengan yang baru. Cari produk dengan garansi yang lumayan lama minimal 1 tahun.

Purna Jual Tinggi.
Pertimbangkan daya jual kembali laptop kita. Jika kita memilih laptop dari merk terkenal maka harga jualnya pun masih tetap tinggi, berbeda dengan laptop dari merk biasa yang harganya jatuh.

Sekian postingan tentang Tips Menentukan Laptop Idaman, semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua. 

Sumber Artikel : koranjitu.com

Post a Comment for "TIPS MENENTUKAN LAPTOP IDAMAN"