TIPS MENGHITUNG KAPASITAS AC YANG PAS DENGAN LUAS RUANGAN

Pemakaian AC akan lebih maksimal bila kapasitas AC yang terpasang sesuai dengan besaran ruangan. Mungkin selama ini kita sering mengalami suasana terlalu dingin atau tidak terasa dingin padahal AC sudah dihidupkan. Hal ini bisa jadi karena kapasitas AC yang terpasang di ruang Anda kurang sesuai.


Oleh hal diatas, berikut ini Balektronik mencoba memposting Tips Menghitung Kapasitas AC Yang Pas Dengan Luas Ruangan yang saya kutip dari instalasi listrik rumah.com, berikut tips-tipsnya.

Satuan yang menjadi dasar perhitungan kapasitas unit AC adalah BTU (British Thermal Unit). BTU adalah ukuran dari jumlah panas yang digunakan di Inggris dan Amerika. 1 BTU didefinisikan sebagai jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 pound air sebanyak 1 derajat Fahrenheit dalam tekanan 1 atmosphere.

Semakin besar nilai BTU-nya maka semakin besar kapasitas output dari unit AC  tersebut, karena compressor yang digunakan juga semakin besar. Hal ini berarti udara yang dapat didinginkan akan semakin besar. Secara otomatis konsumsi listrik akan semakin besar.

Di Indonesia, satuan yang paling akrab digunakan adalah PK (Paarden Kracht : Daya Kuda – dari bahasa Belanda). Sebenarnya yang dimaksud dengan PK adalah besarnya daya dari compressor AC tersebut.

Perhitungan kapasitas AC untuk sebuah ruangan sesungguhnya cukup rumit, karena harus memperhitungkan bahan-bahan perabot yang digunakan dan juga jumlah jendela yang ada.

Tapi secara sederhana, menghitung kapasitas AC  bisa dilakukan dengan mengalikan luas ruangan dengan angka 500 (angka koefisien). Hasil perkalian yang didapatkan adalah nilai BTU-nya. Kemudian nilai BTU itu tinggal dikonversikan ke satuan PK.
Contoh :
Ruangan dengan lebar 3 m dan panjang 4 m, dapat dihitung :
3 x 4 x 500 = 6000 BTU
(Tinggi ruangan dianggap standar : 3 m)
Kemudian kita menggunakan konversi BTU ke PK :
4500 BTU     =     ½  PK
6750 BTU    =    ¾ PK
9000 BTU    =    1 PK
13500 BTU    =    1½ PK

Maka didapat kapasitas unit AC  yang diperlukan adalah ¾ PK. Tetapi sebagai saran, sebaiknya digunakan AC berukuran 1 PK agar kerja AC tidak terlalu berat, karena bila yang digunakan AC ¾ PK, berarti AC harus bekerja lebih berat agar dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan.

Sebagai informasi tambahan, untuk ruangan yang posisinya menghadap barat kemungkinan perlu membeli unit AC dengan kapasitas lebih besar. Karena intensitas panas matahari yang cukup besar terjadi antara jam 2 siang sampai sekitar jam 5 sore membuat suhu ruangan jadi tinggi.

 1 PK bisa dikatakan setara dengankurang lebih 746 Watt. Tetapi dengan teknologi yang terus berkembang saat ini, konsumsi listrik untuk unit AC sebesar 1 PK bisa jadi lebih kecil dari 746 Watt. Hanya saja harga per-unit-nya akan lebih mahal.

Sekian postingan Tips Menghitung Kapasitas Ac Yang Pas Dengan Luas Ruangan semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Sumber Artikel : instalasilistrikrumah.com

Post a Comment for "TIPS MENGHITUNG KAPASITAS AC YANG PAS DENGAN LUAS RUANGAN"