TIPS PANDUAN MERAWAT OVEN

Oven adalah barang yang kemungkinan pemakaian tidak terlalu sering (untuk ukuran rumah tangga kecil seperti kami), meski demikian Oven juga perlu diperhatikan agar dapat bertahan lama dan pada saat aan digunakan kembali dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Merawat oven, baik itu oven gas, tangkring, ataupun listrik pada dasarnya hampir sama. Berikut Beberapa Tips Panduan Merawat Oven yang saya kutip dari Koranjitu, silahkan disimak dan diperhatikan untuk menjaga dan merawat kondisi oven tetap baik :
  • Bersihkan bagian dalam oven dengan lap basah yang bersih. Terutama di bagian belakang kaca oven. Kalau memang perlu, gunakan sabun cair. Semprotkan sabun lalu bersihkan dengan lap basah. Ulangi sebanyak dua kali. Setelah itu, keringkan. Pastikan tidak ada bau maupun sabun yang tertinggal.
  • Untuk oven listrik, jangan gunakan lap yang lembab ataupun cairan karena akan merusak elemen pemanas yang ada didalamnya.
  • Rak juga harus dibersihkan. Keluarkan rak dari oven, lalu cuci bersih dengan sabun. Bersihkan juga kerak yang mungkin menempel.Yang perlu diperhatikan, jangan gunakan benda tajam untuk membersihkan rak atau pun oven karena dapat merusak lapisannya. Lap hingga kering sebelum dipasang lagi ke oven.
  • Bersihkan bagian dalam oven dengan lap bersih yang agak lembab. Setelah itu keringkan. Jemur sebentar jika perlu.
  • Selain merawat, kita juga harus memperhatikan bagaimana menggunakan oven dengan efisien sehingga tidak berdampak pada pembengkakan tagihan listrik. Agar hasil panggangan maksimal dan dapat menghemat listrik, jangan terlalu sering membuka-tutup pintu oven saat memanggang. Karena setiap kali membuka pintu oven, temperatur oven akan turun sebesar 25 derajat Celcius.
Kalau kebetulan ada sisa makanan atau bahan kue yang menempel pada oven dan susah dibersihkan, atasi dengan soda kue dengan cara berikut:
  • Siapkan soda kue atau baking soda
  • Campur soda kue dengan air, lalu gosok-gosokkan pada dinding serta dasar oven
  • Setelah itu, nyalakan oven tersebut dengan panas yang rendah selama 30 menit. Setelah dipanaskan, sisa - sisa makanan yang menempel pada oven akan menjadi kering dan lebih mudah dibersihkan.
Selain soda kue, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan oven. Terutama untuk mengatasi kotoran berupa minyak atau lemak, caranya sebagai berikut  :
  • Taburkanlah garam saat oven masih panas.
  • Setelah dingin, sikatlah dengan sikat kasar.
  • Bagian dalam oven dapat dibersihkan tanpa menggores lapisannya. Yaitu dengan membubuhkan sedikit soda kue halus di atas spons lembab dan gosokkan.
Sekian postingan Tips Panduan Merawat Oven, semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Sumber Artikel : koranjitu.com

Post a Comment for "TIPS PANDUAN MERAWAT OVEN"