TIPS PENGGUNAAN PENDINGIN RUANGAN (AC) AGAR HEMAT LISTRIK


Menggunakan AC terutama pada saat kondisi cuaca yang gerah seperti saat musim kemarau ini adalah pilihan yang menjadi keharusan. Namun bagi yang berpenghasilan pas-pasan seperti kami, penggunaan AC kadang membuat pusing kepala pada saat pembayaran rekening listrik. Kondisi ini membuat kita harus pintar-pintar dan jeli dalam penggunaan AC agar kantong tidak jebol.

Beberapa Tips penggunaan pendingin ruangan agar hemat listrik yang sempat saya kutip dari Koranjitu dan saya rasa berguna bagi pengguna AC khususnya yang ekonominya pas-pasan, berikut tipsnya :
  • Matikan AC ketika tidak ada orang di dalam ruangan dalam waktu yang lama.
  • Jika ruangan hanya ditinggali sebentar dan frekuensi orang yang keluar masuk cukup sering, disarankan AC tetap dinyalakan karena tarikan listrik AC akan cukup tinggi ketika AC dimatikan dan dihidupkan kembali.
  • Pengaturan suhu dalam ruangan sebisa mungkin jangan di angka 18°- 20° Celcius. Sebab, kondisi suhu luar di Indonesia cukup tinggi sehingga sangat amat sulit bagi AC untuk bekerja dan mencapai suhu tesebut. Hal ini akan membuat kompresor AC bekerja sangat keras untuk mencapai suhu tersebut. Semakin keras kompresor bekerja, makin tinggi listrik yang dikonsumsi.
  • Secara umum, orang Indonesia sudah dapat tidur cukup nyaman dengan suhu 22°- 24° Celcius. Jika kurang dingin, sebaiknya segera lakukan servis berkala dan pengecekan freon.
  • Lakukan servis berkala setiap 3-6 bulan sekali agar AC dapat bekerja secara optimal dan efisien.
  • Gunakan fungsi timer (pengatur waktu) yang terdapat pada setiap AC sehingga AC dapat mati secara otomatis jika Kamu lupa atau tidak sempat mematikannya.
  • Pastikan ruangan tertutup rapat ketika AC dinyalakan, sehingga beban pendinginan lebih ringan dan listrik menjadi lebih efisien.
Sekian postingan Tips Penggunaan Pendingin Ruangan Agar Hemat Listrik, semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://koranjitu.com

Post a Comment for "TIPS PENGGUNAAN PENDINGIN RUANGAN (AC) AGAR HEMAT LISTRIK"