TIPS MERAWAT JAM TANGAN

Arlogi atau Jam tangan merupakan aksesoris yang sering digunakan orang. Dulu sebelum era keberadaan HP, jam tangan sangat berguna untuk memantau jadwal atau waktu. Apalagi bagi yang tugasnya mengajar seperti kami, keberadaan jam sangat perlu agar tidak terlambat masuk kelas atau tidak terlambat keluar kelas 

Nah kali ini Balektronik ingin berbagi Tips simple bagaimana merawat Jam Kesayangan Anda agar terus dapat berfungsi sebagaimana mestinya seperti yang saya kutip dari salah satu forum online :

Pada awalnya jam tangan difungsikan hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun saat ini ternyata jam tangan mengalami perkembangan menjadi salah satu produk fashion yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Kalau dilihat dari fungsinya sebagai penunjuk waktu, kita hanya butuh 1 jam tangan saja. Tapi semenjak menjadi produk fashion maka banyak orang yang memiliki jam tangan lebih dari 1. Untuk apa? Ya untuk menyesuaikan dengan warna pakaian, menyesuaikan dengan tema acara atau bahkan menyesuaikan dengan mood hari itu. Nahhh karena memiliki jam tangan lebih dari 1 biasanya suka lalai merawat jam tangan yang lainnya kadang kala malah yang lupa dirawat itu jam original yang harganya lumayan

Nah berikut beberapa Tips Merawat Jam Tangan,seperti yang saya baca di salah satu postingan forum online, silahkan disimak

Bersihkan Kaca Jam
Pada kaca jam tangan, bersihkanlah dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam nya tahan goresan, pada beberapa jam memiliki lapisan pelindung kaca yang apabila digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar, maka lapisan tersebut akan semakin tipis, mudah rusak, hilang, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan.

Bersihkan Tali Jam sesuai dengan Jenisnya:
Untuk Tali Rubber:
Untuk bagian tali jam tangan yang terbuat dari karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang, bersih, dan tidak menimbulkan bau dan jamur.

Untuk Stainless:
Kalau yang terbuat dari stainless steel murni (biasanya pada jam original) yaitu dengan cara mencuci gelang stainless steel murni dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan. Untuk Stainless Steel murni, tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw, yang merupakan campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. Kalau Anda tidak yakin itu stainlessnya murni, lebih baik Anda menggunakan cairan yang dijual di took  jam tertentu untuk membersihkannya.

Untuk kanvas :
Kalau yang terbuat dari kanvas. Caranya mudah, cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun, dan keringkan dengan menggunakan kertas koran, hal ini akan cepat mengering, karena akan diserap oleh kertas koran dan tidak menimbulkan bau.

Jangan Melipat Tali Jam:
Jangan terlalu sering melipat atau menbengkokkan tali jam tangan yang terbuat dari kulit atau karet karena itu akan mengakibatkan retak atau belah pada bagian yang sering terlipat.

Jauhkan dari Air:
Sebisa mungkin jauhkan jam dari air. Water Resist / Water Proof / Tahan Air bukan berarti tidak rusak kalau terkena air. Pada Jam Casio misalnya, ketahanan jam teruji ketika berenang pada kedalaman tertentu, namun, jika saat berenang atau jam tangan itu ditenggelamkan dan tombolnya ditekan saat berada di dalam air, maka kemungkinan besar air akan masuk perlahan (sedikit demi sedikit), hal ini akan menyebabkan rusaknya jam anda, berembun, atau kalau pada jam digital akan mengalami kerusakan.

Jauhkan dari Zat Kimia Tertentu:
Jauhkan jam dari zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain. (kecuali pada Jam Tangan Original yang memang teruji ketahanannya terhadap zat-zat yang telah disebut sebelumnya.)

Perhatikan Baterai Jam Anda:
Segera mengganti baterai jika sudah habis. Atau kalau tidak sempat, agan harus langsung membuang batere yang telah mati tersebut. Kenapa? Karena jika baterai sudah expired / kadaluarsa / mati / rusak, biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif dan merusak pada mesin jam tangan.

Servis Berkala:
Bila memiliki Jam Tangan Otomatis/Automatic, maka servis berkala sangat dianjurkan, kira-kira 1 tahun sekali itu sudah cukup untuk menjaga dan merawat Jam Tangan otomatis agar tahan lama dan awet dipakai.

Usahakan Selalu Kering:
Usahakan jam tangan anda selalu kering, segera bersihkan jika terkena air, minyak, keringat, atau zat zat yang bisa merusak lainnya.

Bersihkan setelah dipakai:
Setelah dipakai seharian, lepaskan dan bersihkan bagian belakang kepala jam dan talinya dengan cara mengusap menggunakan kain halus atau tisu yang lembut. Untuk bagian kaca jam, usahakan untuk tidak menggunakan tisu.

Jangan bawa tidur:
Sebisa mungkin jangan membawa jam tangan agan tidur, karena itu bisa menyebabkan bau kurang sedap yang berasal dari tali jam tangan. Selain itu juga dapat menyebabkan tali jam berjamur.

Penempatan dan Penyimpanan yang Benar:
Kalau tidak sedang digunakan, tempatkan jam tangan agan di masing2 kotaknya. Selain supaya lebih rapih, supaya jam tangan agan terhindar dari resiko jatuh, baret dan debu. Atau kalau agan mau lebih simpel, agan beli kotak jam multifungsi yang bisa muat untuk menyimpan banyak jam. Pilih kotak penyimpanan jam yang bagian dalamnya berbahan dasar lembut sehingga tidak merusak jam. Kalau perlu, tambahkan silica gel di dalamnya.

Jangan sampai Jatuh:
Usahakan jangan sampai jatuh , karena setahan apapun jam , jika sudah jatuh maka lambat laun akan merusak komponen di dalamnya atau setidaknya akan mengendurkan komponen yang ada di dalam jam tangan, ketika kendur maka kemungkinan besar air akan masuk dan bisa menyebabkan karat pada jam tangan.

Jangan menggunakan terlalu kencang:
Saat memakai jam tangan, jangan terlalu kencang, karena kondisi yang terlalu kencang dalam mengikatkan jam tangan pada tangan kita akan menimbulkan kondisi lembab, mudah iritasi pada jenis jam tangan yang mempunyai tali kulit (karena berasal dari kulit hewan), juga pada gelang jam yang terbuat dari bahan karet.

Jauhkan dari Medan Magnet:
Jauhkan dari Medan Magnet yang kuat jika ingin perawatan jam tangan anda berjalan secara optimal, seperti magnet, tv, loudspeaker, kulkas dll Barang-barang yang memiliki daya magnetik dapat memiliki pengaruh buruk terhadap jam tangan. Magnet yang dihasilkan oleh objek-objek tersebut akan menghasilkan gaya tarik menarik terhadap komponen jam tangan kesayangan Anda.

Jangan digunakan untuk aktivitas berat:
Untuk beberapa tipe jam tangan, jangan dipakai saat aktivitas berat,karena pergerakan ekstrim menyebabkan komponen bergeser dan tidak berjalan secara optimal.

Jika Terlanjur Rusak:
Tips yang terakhir adalah, jika terjadi kerusakan pada jam tangan Anda, sebaiknya bawalah jam tersebut ke Service Center yang resmi. Atau service center yang terpercaya, yang telah memiliki reputasi yang baik. Untuk beberapa service center yang terpercaya, mereka akan memberikan garansi bahwa komponen jam yang agan reparasi tidak akan ditukar dengan komponen lain kecuali dengan sepengetahuan dan seizin Anda.

Sekian Postingan Tips Merawat Jam Kesayangan Anda agar tetap Awet dan Tahan Lama, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS MERAWAT JAM TANGAN"