TIPS CERDAS MEMBERSIHKAN SENSOR KAMERA

Membersihkan Sensor Kamera dengan hati-hati
Memiliki kamera bagus dan mahal semisal Kamera DSLR kadang kala menjadi suatu kebanggaan terutama bagi para remaja yang ingin tampil gaya dan memejeng foto hasil karyanya yang berkualitas dijejaring sosial. Namun bila kurang perawatan, kecerian dan kesenangan bisa berubah bila foto yang dihasilkan tiadk seperti yang diharapkan, salah satu penyebabnya bisa jadi karena keberadaan sensor kamera yang tidak terawat. 

Setelah pada postingan sebelumnya saya sudah membahas masalah Tips Membersihkan Lensa Kamera, maka kali ini saya akan memposting  Tips Cerdas Membersihkan Sensor Kamera. Seperti kita ketahui, seiring dengan usia pemakaian dan penyimpanan kamera, kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera bisa menurun, salah satu penyebabnya karena kotoran pada Sensor. Pembersihan sensor kamera secara tepat dan teratur akan membuat gambar yang diambil selalu dalam performa terbaik, namun mengingat sensor merupakan Jantung dari Kamera, maka perawatan dan pembersihan harus sesuai dengan prosedur yang benar.

Untuk mengetahui apakah sensor terkena debu dan perlu dibersihkan atau tidak bisa dengan menggunakan tips berikut. Ambil gambar dengan background polos dan terang kemudian set fokus infinity, bukaan aperture diset paling kecil (angka besar), set Exposure matering ke +1. Pastikan Anda lihat hasil jepretan di Photoshop agar terlihat lebih jelas debunya. Melihat hasil dari monitor LCD kamera tidak akan sejelas melalui monitor komputer.

Nah berikut beberapa Tips membersihkan sensor kamera agar kualitas gambar Anda tetap prima yang saya kutip dari salah satu forum online, silahkan disimak :

Membersihkan Sensor Kamera dengan Blower.
Blower hanya digunakan untuk menyingkirkan debu kering. Jika debu yang menempel di sensor sudah terkena air (kamera disimpan di tempat lembab) debu akan sulit disingkirkan dengan Blower. Gunakan Tripod dengan sensor menghadap ke bawah kemudian tiupkan blower ke sensor agar debu jatuh ke bawah bukan berterbangan di dalam kamera.

Membersihkan Sensor Kamera dengan Brushes
Cara terbaik mengunakan kuas untuk membersihkan sensor adalah dengan menggunakan special kuas static chargeable sehingga debu-debu akan menempel di kuas ketika dibersihkan. Membersihkan cara ini tanpa menggunakan cairan dan kain sehingga tidak membuat sensor tergores.

Membersihkan sensor Kamera dengan larutan khusus.
Selain dengan Blower dan Brushes, sensor juga dapat dibersihkan dengan menggunakan larutan khusus karena debu sudah menempel di sensor atau sensor terkena minyak. Larutan khusus ini tidak meninggalkan residual sehingga aman buat sensor. Namun mengingat larutan nya dibersihkan dengan menggunakan lap , gesekan lap pada sensor bisa membuat sensor tergores jika tidak hati-hati.

Sekian postingan Tips Cerdas Membersihkan Sensor Kamera, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS CERDAS MEMBERSIHKAN SENSOR KAMERA"