TIPS MEMILIH KAMERA DSLR UNTUK PEMULA

Meningkatnya penggunaan kamera digital SLR dikalangan masyarakat membuat animo untuk membeli kamera jenis ini juga meningkat. Sebagai penguna pemula sering kali dibuat pusing dengan model dan tipe Kamera DSLR yang banyak beredar dan dijual di pasaran. Bagi orang awam sekilas semua kamera tidak ada bedanya, namun ketika digunakan tentu kita akan mengetahui kekurangan atau ketidakbagusan kamera tersebut.

Agar tidak salah pilih, tentunya kita wajib berhati-hati saat akan membeli kamera DSLR terutama sekali untuk pemula, kalau yang sudah terbiasa mungkin tidak terlalu bermasalah. Berikut ini beberapa pertimbangan yang mudah-mudahan dapat membantu Anda memilih Kamera DSLR yang tepat seperti yang saya kutip dari postingan  forum.kompas.com, silahkan disimak :

Budget atau Anggaran Anda yang Anda Miliki 
Budget yang Anda alokasikan untuk membeli kamera merupakan poin ini yang paling penting dan menentukan merk dan kenis kamera yang anda mampu beli. Bila harga kamera tidak sesuai budget anda tentu saja akan tersingkir dari pilihan anda, sehingga mempersempit pilihan kamera. Kamera DSLR tidak akan berfungsi optimal bila tidak digunakan bersama aksesoris penting lainnya seperti lensa range yang berbeda, flash, tripod, dll. Jadi Budget anda jangan sampai hanya cukup untuk membeli kamera saja. Kamera butuh perawatan. Itu sudah pasti. Berarti anda butuh drybox, blower, microfiber, dll. Budget anda juga harus cukup untuk membeli kebutuhan penting ini.
        
Kegunaan Kamera untuk Apa? 
Apa yang anda butuhkan dari kamera tersebut nantinya? apakah anda membutuhkannya untuk adventure atau untuk membuka usaha fotografi atau hobi saja. karena kebutuhan tersebut memunculkan kebutuhan fitur kamera yang berbeda. Contohnya: anda membutuhkan kamera untuk adventure, maka fitur water proof jelas menjadi pilihan utama dan juga ukuran kamera yang tidak terlalu besar. Pilih yang menjadi poin penting kebutuhan anda dan sandingkan dgn harga. Yang terpenting juga, tidak perlu memilih kamera yg memiliki semua fitur dimana yg pasti mahal dan belum tentu anda menggunakannya. Jangan Lupa bila anda ingin upgrade kamera, setiap saat anda bisa jual dan membeli yang baru. Jadi jangan terlalu berpikir bahwa pembelian kamera ini harus bisa untuk digunakan selamanya.
        
Sisi Ergonomic 
Kamera DSLR anda tentunya untuk digunakan. Maka sisi ergonomic juga memegang peranan penting. Anda harus perhatikan kenyamanan ketika kamera DSLR tersebut digunakan. Anda bisa mencoba genggaman kamera tersebut di Toko Kamera dimana di toko biasanya disediakan produk display. Perhatikan pula letak tombol kamera, pertimbangkan dengan selera anda sendiri ketika menggunakannya nanti, lebih mudah yang mana. Pilihan ini sangat subyektif.
        
Spesifikasi Kamera VS Kebutuhan Anda
Membeli produk elektronik, mau tidak mau anda harus memperhatikan spesifikasi produk tersebut. Spesifikasi ini mudah sekali diakses di website merk kamera yang bersangkutan. Kalo anda adalah second buyer yang artinya sudah pernah memakai kamera dan mau menambah kamera atau ganti kamera, tentunya istilah spesifikasi kamera tidaklah asing lagi. Tapi bagaimana dengan newbie. Saya punya trick simple yg menjadi panduan sederhana untuk memilih kamera berdasar spesifikasinya, tapi jangan lupa spesifikasi tersebut tentunya harus disandingkan dengan harga dan kebutuhan anda.

Solusi termudah terhadap apa yang harus diperhatikan terkait spesifikasi sebagai berikut :
Ukuran sensor: 
apakah mau APSC (sensor kecil) atau full Frame. Tentu saja full frame lebih mahal, pertimbangkan pula kalau Full Frame biasanya Lensa juga lebih mahal.
Ukuran Megapixel Foto
Cari saja yang terbesar, tetapi bukan patokan murni karena biasanya makin besar juga makin mahal.
Ukuran LCD Display 
Tentu saja anda harus memonitor hasil foto anda, sehingga ukuran LCD display yang lebih besar tentu lebih nyaman.
Tingkat Resolusi LCD Display 
Untuk akurasi monitoring hasil foto, akan lebih baik anda memilih tingkat kerapatan pixel LCD yang tinggi..
Image Procesor
Pilih image procesor terbaru. Tentu anda tidak mungkin salah dengan image prosesor yang terbaru bukan?
Kompatibilitas dengan aksesoris kamera pihak ketiga
Cek di google dan forum, apakah kamera yg anda hendak Beli kompatibel dengan aksesoris pihak ketiga. Karena siapa tahu anda akan menambah aksesoris seperti Flash merk pihak ketiga untuk alasan budget.

Mau Beginner Entry atau Medium Pro? 
Bila anda memiliki budget lebih, pilihan di atas beginner kamera yaitu mulai medium pro, anda tidak perlu terlalu memusingkan merk. Pastinya Canon atau Nikon kurang lebih sama apalagi mereka adalah pemain besar di bisnis Kamera. Bila anda akan memilih beginner entry kamera, ada baiknya ada bandingkan dahulu spesifikasi canon dan nikon. 
   
Sekian postingan Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula, semoga bermanfaat. 

Sumber Artikel : forum.kompas.com

Post a Comment for "TIPS MEMILIH KAMERA DSLR UNTUK PEMULA "