TIPS MENGASAH PISAU BLENDER

Blender adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Pisau berbentuk seperti sebuah baling-baling pendek yang dipasang pada bagian bawah wadah. Pisau ini diputar dengan cepat dengan tenaga dari sebuah motor sehingga alat ini dengan segera dapat mencampur, mencincang, dan melumatkan bahan-bahan yang dimasukkan ke dalamnya. Blender juga umumnya dilengkapi pengatur kecepatan berputarnya pisau di dalam wadah. Blender biasanya dipakai di dapur atau di bar.

Blender berbeda dari pengolah makanan (bahasa Inggris: food processor). Wadah blender biasanya lebih tinggi dibandingkan wadah food processor dan pisau biasanya dapat dilepas dan diganti-ganti bergantung kepada bahan makanan yang ingin diproses. Blender lebih cocok untuk menyiapkan/mencampur minuman (membuat jus, smoothie, susu kocok, atau menghancurkan es batu), atau menghaluskan bahan makanan yang mengandung banyak air seperti ketika membuat sup kental. Sementara itu, food processor lebih cocok untuk mengiris, mencincang, mencampur, dan menghaluskan bahan makanan yang lebih padat atau kering. Dibandingkan blender, food processor lebih serba guna, karena food processor dapat pula berfungsi sebagai blender.

Pernah mengalami masalah dengan blender Anda semisal Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menggiling dengan blender Anda, atau hasil gilingan Anda tidak sehalus biasanya, bisa jadi mata pisau blender sudah berkurang ketajamannya. Tentu hal ini akan menyulitkan ketika harus memasak dalam jumlah banyak dan ketika dikejar waktu. Hasilnya tidak maksimal, waktu yang dibutuhkan semakin lama dan jadi kesal hati ketika mengerjakannya.

Menjaga ketajaman pisau blender, tidak sama dengan mengasah pisau biasa. Anda tinggal mengasah pisau dengan menggosokkannya beberapa kali ke batu pengasah. Namun untuk pisau blender Anda tidak bisa melakukannya, bentuk mata pisau yang lebih kecil, bersudut dan sempit membuatnya sulit untuk diasah dengan batu pengasah atau gunting.

Namun, sebenarnya cara mengasahnya cukup mudah. Anda cukup menggunakan garam kasar yang mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Giling sejumlah garam kasar dengan blender satu bulan sekali. Kristal garam cukup keras untuk membuat pisau terasah, namun tidak sampai merusak blender Anda. Dengan pisau blender yang tajam, tugas memasak pun jadi lebih mudah.

Demikian postingan singkat Tips Mengasah Pisau Blender, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : vemale.com

Post a Comment for "TIPS MENGASAH PISAU BLENDER"