TIPS CERDAS CARA MERAWAT HARDDISK LAPTOP & KOMPUTER: AGAR AWET

Pada postingan yang lalu pernah saya posting terkait Hardisk yaitu TIPS CARA MERAWAT HARDISK dan TIPS PRAKTIS MEMBELI HARDDISK INTERNAL. Nah kali ini saya akan kembali memposting Tips seputar Hardisk yaitu Tips Cerdas Cara Merawat Harddisk Laptop & Komputer: Agar Awet.

Sudah umum kita ketahui, Hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah PC dan laptop yang fungsinya untuk menyimpan data. Walaupun sekarang sudah ada SSD yang bisa dibilang lebih cepat, hardisk masih menjadi salah satu media penyimpanan paling favorit saat ini. Dan sebagai salah satu komponen elektronik, tentu HDD akan rusak seiring dengan penggunaannya. Dari waktu ke waktu, kesehatan hardisk akan berkurang dan akhirnya menjadi badsector.

Memang tidak ada hardisk yang tidak akan rusak, hardisk suatu saat pasti akan rusak, bukan berarti kita tidak perlu melakukan perawatan. Dengan berbagai tips trik yang baik, kalian bisa menjaga kesehatannya agar tidak cepat berkurang dan akhirnya rusak. Hal ini bisa memperpanjang usia dari HDD tersebut dan membuat ia menjadi lebih awet daripada yang tidak dirawat dengan benar.

Berikut beberapa Tips Cerdas Cara Merawat Harddisk Laptop & Komputer: Agar Awet sebagaimana saya kutip dari Blog Mastekno, silahkan disimak:

Matikan Perangkat PC Laptop Dengan Benar
Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan cara mematikan perangkat kamu. Pastikan kalian melakukannya dengan cara yang baik dan benar sesuai prosedur. Hal inilah yang sering diabaikan oleh banyak pengguna.Mematikan perangkat tidak sesuai prosedur seperti mencabut PC dari sumber listrik secara tiba-tiba akan membuat berbagai komponen di dalamnya menjadi cepat rusak. Cara yang disarankan adalah dengan sesuai prosedur yaitu menshutdown terlebih dahulu dan menunggu sampai ia benar-benar mati.

Jangan Membuat Terlalu Banyak Partisi
Umumnya, sebuah hardisk yang memiliki kapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa partisi. Hal ini bertujuan untuk memisahkan dan mempermudah untuk mengorganisir file-file yang berbeda. Misal saja file sistem kita pisahkan dengan data pribadi agar tidak tercampur. Ini memang efektif, namun disarankan untuk tidak membuat terlalu banyak partisi pada HDD. Hal ini akan membuat fragment hardisk juga ikut terbagi dan mengganggu proses read writenya. Disarankan untuk membagi HDD menjadi 2 atau 3 partisi saja agar tetap optimal

Gunakan Laptop di Tempat yang Benar
Banyak orang yang suka menggunakan laptop ketika sedang diatas kasur. Tanpa mereka sadari, kebiasaan buruk inilah yang bisa membuat perangkat mereka menjadi cepat rusak. Kenapa? Bayangkan saja, jika kalian menggunakan laptop diatas kasur atau bantal, maka udara panas tidak akan bisa keluar dengan maksimal. Akibatnya, laptop menjadi cepat panas dan akhirnya overheat. Dan komponen dalam seperti hardisk lah yang akan terkena dampak dari panas yang berlebihan tersebut. Gunakan laptop kalian diatas benda yang tidak menyumbat sirkulasi udara panasnya. Jadi suhu perangkat bisa tetap terjaga dengan baik tanpa takut overheat.

Jangan Biarkan Hardisk Menjadi Overheat
Ini merupakan kelanjutan dari yang diatas. Ketika sebuah perangkat PC atau laptop digunakan, tentu ia akan menghasilkan suhu panas dari kinerjanya. Namun ia sudah dirancang untuk bisa membuat suhu tersebut bisa keluar dengan baik agar tidak membuat perangkat cepat panas. Nah apabila sirkulasi udara tersebut terganggu, maka bisa membuat komponan dalam seperti hardisk atuapun prosesor mengalami overheat. Panas yang berlebihan akan membuat umur komponen itu menjadi lebih pendek dan cepat rusak. Selain itu, gunakan perangkat sewajarnya saja dan jangan memaksakan kinerja diluar kemampuannya.

Simpan Data Secukupnya dan Jangan Berlebihan
Hardisk memang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data. Akan tetapi juga sangat tidak disarankan untuk menyimpan data secara berlebihan hingga memenuhi hardisk. Hal ini akan membuat kinerjanya menjadi lebih berat dan akhirnya cepat badsector. Usahakan untuk menjaga beberapa kapasitas tetap kosong agar HDD bisa bekerja santai. Jika kamu punya data lebih untuk disimpan, gunakan penyimpanan ekternal lainnya.

Hapus File Sampah Secara Rutin
Dengan penggunaan hardisk dari waktu ke waktu, maka di dalamnya akan tercipta file-file sampah alias tidak berguna. Ini bisa berasal dari berbagai proses yang terjadi atau mungkin berkas yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Sangat penting untuk melakukan pembersihan terhadap file tersebut secara berkala. Hal ini akan membebaskan beberapa ruang sehingga membuat kinerja HDD menjadi lebih ringan.

Lakukan Pembersihan Rutin Terhadap HDD
Untuk tips yang selanjutnya ini hanya disarankan untuk yang sudah tahu caranya. Atau jika belum bisa silahkan minta didampingi oleh ahli. Dengan penggunaannya setiap hari, tentu akan ada debu ataupun kotoran yang menyangkut di hardisk. Jika kalian rutin melakukan pembersihan, maka hal itu bisa membuat kinerjanya menjadi lebih ringan. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa kalian harus hati-hati. Jangan sampai niat ingin membersihkan malah jadi merusak karena salah langkah.

Lakukan Defrag Hardisk Secara Rutin
Seiring dengan penggunaannya setiap hari, kemampuan hardisk akan menurun dari waktu ke waktu. Defrag inilah suatu usaha untuk menjaga kemampuan read dan write dari HDD agar sedikit kembali meningkat. Dengan melakukannya secara rutin, tentu kesehatan HDD akan lebih terjaga dan tidak cepat rusak. Ini juga bisa mencegah terjadinya badsector karena banyak data yang menumpuk dari waktu ke waktu.

Hindari Perangkat dari Benturan Keras
Sebagai perangkat elektronik, tentu laptop ataupun PC sangat rentan terhadap benturan. Apalagi jika laptop terjatuh, maka bisa-bisa mengakibatkan kerusakan bukan hanya pada hardisk tapi juga komponen lainnya. Dan seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa khususnya PC sangat tidak disarankan untuk langsung memutus aliran listrik tanpa mematikannya terlebih dahulu.

Selalu Sediakan Antivirus Terbaik Untuk Perangkat Kalian
Antivirus bisa dibilang merupakan software yang wajib dipasang pada setiap perangkat laptop dan komputer. Aplikasi tersebut akan menjaga perangkat kita dari serangan virus ataupun malware yang berpotensi merusak file dalam hard disk. Tanpa proteksi dari antivirus, resiko kerusakan akan semakin besar. Gunakan software yang sudah populer seperti Avast, Smadav ataupun yang lainnya. 

Nah demikian postingan singkat Tips Cerdas Cara Merawat Harddisk Laptop & Komputer: Agar Awet, semoga membantu rekan-rekan dalam menjaga Hardisk dan bisa membuat kesehatan HDD kalian lebih terjaga dan tidak mudah rusak ataupun badsector. Sangatlah penting untuk memperhatikan cara menjaga hardisk agar ia tetap dalam keadaan baik. 

Sumber Artikel : mastekno.com

Post a Comment for "TIPS CERDAS CARA MERAWAT HARDDISK LAPTOP & KOMPUTER: AGAR AWET"