TIPS MEMBELI GADGET YANG SESUAI UNTUK ANAK ANDA

Saat ini sudah banyak kita lihat di masyarakat, anak kecil yang masih bersekolah dasar pun banyak yang memiliki Gadget, dan tak jarang kita lihat mereka menenteng gadget dengan harga yang tidak terjangkau oleh ekonomi menengah. Memberikan gadget pada anak memang bukanlah kesalahan, namun patut diperhatikan dan diawasi oleh Anda sebagai orangtua bagaimana si anak memanfaatkan gadget tersebut. 

Hal ini menyangkut bagaimana dampak yang akan muncul apabila anak usia dini sudah akrab dengan perangkat pintar nan canggih. Tentu, ada beberapa hal baik sisi positif maupun negatif yang akan timbul akibat penggunaan gadget pada anak. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh pihak Hottest Insight (IHI) dalam survei beberapa waktu lalu, tercatat 35% memilih hadiah kenaikan kelas berupa gadget canggih dan sebanyak 51% memilih handphone biasa, lainnya lebih memilih perangkat lain selain gadget.

Banyak orangtua membelikan gadget guna mengoptimalkan proses pembelajaran si anak. Dan seketika pula, banyak sekali yang langsung membeli gadget tanpa ada pemikiran matang terlebih dahulu. Mereka langsung membelikan gadget dengan merk kenamaan, dan tentu saja banyak yang tidak sesuai dengan situsasi dan kondisi sang anak saat itu.

Nah bila kita ingin memberikan gadget untuk anak kita dengan memikirkan kebutuhan anak Anda, serta dampak yang akan ditimbulkan olehnya, ada baiknya Anda simak tips-tips serta acuan guna membeli gadget untuk anak dengan tepat dan bermanfaat secara fungsional yang saya kutip dari salah satu blog. Berikut ulasannya.

Tujuan
Sebelum membelikan gadget untuk anak Anda, coba perhatikan terlebih dahulu lalu pikirkan matang-matang. Apa nantinya kegunaan dari gadget yang akan dibeli? Apakah untuk keperluan hiburan seperti bermain game? Atau guna mendukung aktivitas belajar? Tentukan, lalu sesuaikan spesifikasi gadget dengan kebutuhan yang telah dianalisa tadi.
   
Harga
Salah satu pengaruh besar saat ingin membeli gadget adalah harga. Banyak orangtua yang memilih harga terbaik dengan pemikiran akan mendapatkan kualitas terbaik pula. Namun, hal itu tentu tidak sepenuhnya benar. Harga tidaklah mencerminkan kualitas suatu produk. Harga murah belum tentu kualitasnya rendah. Kini, banyak gadget yang dijual dengan harga bersahabat namun memiliki spesifikasi dan fitur cukup mumpuni.
   
Koneksi Internet
Konektivitas juga perlu Anda perhatikan. Seperti analisa tips nomor satu, yakni tujuan, tentu akan mengaitkan dengan sisi konektivitas. Apakah perlu mengakses internet untuk kebutuhan mata pelajaran dan hiburan atau tidak. Apabila memang perlu, perhatikan betul bahwa gadget incaran Anda memiliki fitur Wi-Fi, jaringan 3G serta yang lainnya. Hal ini guna menghindari kerugian, jangan sampai jika sudah terlanjur membeli, namun selalu kesulitan untuk terhubung ke internet.
   
Kapasitas Memori
Pendidikan erat dengan sistem pembelajaran modern. Artinya, bisa saja pelajaran didapatkan dari aplikasi atau video. Dengan ini, maka kapasitas memori gadget haruslah mumpuni. Semakin besar kapasitas memori gadget yang akan dibeli, maka akan semakin bagus untuk menunjang kebutuhan pengolahan file atau dokumen penting. Sebagai alternatif, perhatikan bahwa pada gadget yang akan dibeli terdapat fitur slot microSD untuk kebutuhan ekspansi penyimpanan data.
   
Kamera
Satu lagi, kamera adalah fitur yang patut dipertimbangkan. Anak-anak sangat suka bereksplorasi. Ini dapat diwujudkan dengan mengambil foto dan video. Selanjutnya, biasanya anak suka mencari tahu. Mungkin hewan, ataupun tumbuhan, di foto lalu dicari informasinya lewat internet.

Sekian postingan tips membeli gadget untuk anak, semoga bermanfaat bagi Orang Tua yang ingin memberikan anaknya gadget.

Sumber Artikel : bangbiw.com

Post a Comment for "TIPS MEMBELI GADGET YANG SESUAI UNTUK ANAK ANDA"