YUK MENGENAL LEBIH DEKAT FUNGSI TOMBOL KEYBOARD DI LAPTOP PC




Pada postingan tentang Tips Komputer sebelumnya telah saya posting terkait MENGENAL FUNGSI TOMBOL F1 SAMPAI F12 PADA KEYBOARD KOMPUTER, kali ini saya akan mengajak kawan-kawan Mengenal Lebih Dekat  Fungsi Tombol Keyboard di Laptop PC.

Sudah jamak kita ketahui bersama bahwa Keyboard merupakan papan ketik yang berisi tombol-tombol yang sering kita gunakan untuk mengetik tulisan baik pada laptop maupun komputer. Dari banyaknya tombol-tombol yang terdapat pada keyboard apakah kamu mengetahui semua kegunaan tombol-tombol pada keyboard tersebut? Untuk kamu yang belum mengetahui, maka pada artikel kali ini mastekno akan mengulasnya.

Sebenarnya keyboard memiliki beberapa jenis, namun jenis keyboard yang sering digunakan yaitu keyboard berjenis QWERTY. Jenis keyboard yang satu ini memang digunakan karena lebih simpel dan bersifat universal. Jika kamu sudah mengetahui berbagai macam fungsi dari tombol pada keyboard, maka kamu akan lebih mudah dalam memasukkan perintah pada komputer.

Fungsi Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop
Sebuah keyboard tentunya memiliki banyak kali tombol-tombol dengan fungsi yang berbeda-beda. Apa sajakah fungsi dari tombol-tombol pada keyboard komputer atau laptop?. Berikut ini merupakan fungsi tombol-tombol pada keyboard komputer maupun laptop yang perlu kamu ketahui.

Fungsi Tombol ESC
Tombol ESC atau Escape ini memiliki fungsi untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan. Artinya jika kita perintahnya kita masukkan akan dibatalkan.

Fungsi Tombol Tab
Tombol Tab ini memiliki fungsi apabila kita ingin memindahkan memindahkan kursor ke arah kanan dengan satu tabulasi.

Fungsi Tombol Caps Lock
Tombol Caps Lock memiliki fungsi untuk mengganti mode huruf yang tidak gunakan. Jika lampu indikator Caps Lock pada keyboard menyala, artinya kamu akan menggunakan mode huruf kapital. Namun jika kamu menekan tombol Caps Lock lagi dan lampu indikator Caps Lock pada keyboard mati, maka artinya kamu akan menggunakan mode huruf kecil.

Fungsi Tombol Shift
Tombol Shift memiliki fungsi untuk membuat huruf besar cara manual. Misalnya dengan menekan tombol Shift+a maka akan menjadi “A”. Selain itu tombol Shift juga dapat digunakan untuk memasukkan simbol yang terdapat di atas angka 1,2,3 dan seterusnya. Misalnya Shift+1 maka akan menjadi “!”.

Fungsi Tombol Ctrl
Tombol Ctrl memiliki fungsi untuk menyisipkan perintah-perintah secara cepat atau shortcut. Misalnya jika kita ingin meng-copy file, maka kita tinggal menekan tombol Ctrl+C.

Fungsi Tombol Alt
Tombol Alt memiliki fungsi yang hampir sama dengan Ctrl yaitu untuk menyisipkan perintah secara cepat. misalnya saja jika kita ingin keluar dari program yang sedang berjalan, maka kita dapat menekan tombol Alt+F4.

Fungsi Tombol Enter
Tombol Enter memiliki fungsi seperti halnya tombol “Ok” dan juga dapat berfungsi untuk membuat paragraf baru.

Fungsi Tombol Back Space
Tombol Back Space memiliki fungsi untuk menghapus atau mendelete satu huruf yang berada di sebelah kiri kursor. Jika tombol Back Space ini di kombinasi kan dengan tombol Ctrl (Ctrl+BackSpace), maka akan menghapus satu kata di sebelah kiri kursor.

Fungsi Tombol Delete
Tombol Delete memiliki fungsi yang hadir sama dengan tombol Back Space, bedanya jika tombol Delete ini hanya dapat digunakan untuk menghapus file dan menghapus satu huruf di sebelah kanan kursor saja.

Fungsi Tombol Macro
Tombol Macro memiliki fungsi apabila kita kan maka akan muncul simbol seperti ini “\”.

Fungsi Tombol Insert
Tombol Insert memiliki fungsi untuk melakukan karakter ini posisi kursor.

Fungsi Tombol Home
Tombol Home memiliki fungsi untuk langsung menuju bagian atas halaman atau lembar kerja.

Fungsi Tombol End
Tombol End memiliki fungsi untuk langsung menuju bagian bawah halaman atau lembar kerja.

Fungsi Tombol Page Up
Tombol Page Up memiliki fungsi untuk menggerakkan baru satu demi satu layar ke atas.

Fungsi Tombol Page Down
Tombol Page Down memiliki fungsi untuk menggerakkan dari satu demi satu ke layar bawah.

Fungsi Tombol PrtScrSysRq
Tombol PrtScrSysRq atau tombol Print Screen ini memiliki fungsi sebagai screen capture pada komputer atau laptop kamu. Kamu dapat menggunakannya dengan cara menekan tombol tersebut, kemudian buka aplikasi Paint, lalu klik tombol Ctrl+V.

Fungsi Tombol Scroll Lock
Tombol Scroll Lock memiliki fungsi untuk mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll.

Fungsi Tombol Pause Break
Tombol Pause Break memiliki fungsi untuk mengubah kondisi komputer menjadi stand by.

Fungsi Tombol Num Lock
Tombol Num Lock memiliki fungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan area numerik pada keyboard. Biasanya aryani terletak di sebelah kanan keyboard.

Fungsi Tombol Space
Tombol Space memiliki fungsi untuk spasi atau lompat satu karakter.

Nah sekian postingan Mengenal Lebih Dekat  Fungsi Tombol Keyboard di Laptop PC , , semoga artikel ini kali ini dapat bermanfaat dan membangun serta menambah wawasan kawan-kawan semua terkait computer

Sumber Artikel : mastekno.com

Post a Comment for "YUK MENGENAL LEBIH DEKAT FUNGSI TOMBOL KEYBOARD DI LAPTOP PC"