TIPS CERDAS MERAWAT KAMERA DIGITAL AGAR TETAP AWET

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, berbagai macam produk ditawarkan di pasar. Salah satu contohnya adalah kamera digital. Walau bukan lagi merupakan barang mewah namun masih banyak masyarakat yang kurang faham cara penggunaannya.

Namun jika ada yang mengetahui cara penggunaanya tak sedikit pula yang tahu cara merawat kamera digitalnya agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang. 

Berikut tips perawatan kamera agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal serta berumur panjang.

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. 
Jagalah kamera digital kamu jangan sampai terjemur atau terkena sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Sebab panas yang tinggi dapat merusak bagianbagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet serta komponen elektronik yang lainnya.

Jagalah kamera digital kamu agar terhindar dari goncagan yang berlebihan. 
Jangan lupa menaruhnya dalam taskhusus kamera, guna menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan.

Bersihkan kamera dan lensa. 
Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian fi sik kamera gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Sedangkan bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera.

Hindari goresan pada lensa. 
Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai fi lter ulir yang terpasang permanent bagian depan. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis fi lter UV (ultraviolet) atau fi lter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

Hindari Air laut. 
Air laut sangat jahat dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera atau perangkat elektronik lainnya. Kecuali yang dirancang khusus untuk air laut. Jika suatu saat, tanpa sengaja kamera kamu tercebur ke dalam air laut maka langsung rendam kamera kamu ke dalam air tawar, kemudian bilaslah berkali-kali untuk menghilangkan bekas air laut. Kemudian dibawa segera ke ahli servis kamera untuk membersihkannya.

Jangan terlampau sering membersihkan lensa
Jangan terlampau sering membersihkan lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Karena kaca lensa begitu peka. Sebab semakin sering juga dibersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar kurang baik. 

Jangan menyimpannya di dalam lemari pakaian. 
Karena hal itu dapat mengundang jamur yang menempel pada lensa bagian dalam kamera.

Waspadai kapur barus. 
Sebab kapur barus merupakan perusak yang paling ampuh terhadap kamera , yang dapat menyeka-nyeka kamera dan bagian kamera yang lain yang berbahan dasar karet. Pada kamera elektronik kapur barus dapat merusak jalur pada PCB (Printed Circuit board) yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahkan uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat flek pada lensamu

Semoga Tips cerdas merawat kamera digital dapat membantu Anda menjaga kamera digital kesukaan dari kerusakan yang seharusnya tidak terjadi.



Sumber artikel : Koranjitu

Post a Comment for "TIPS CERDAS MERAWAT KAMERA DIGITAL AGAR TETAP AWET"