TIPS CERDAS MEMILIH KAMERA DIGITAL UNTUK PEMULA


Masih menggunakan kamera lama (kamera film)? saatnya beralih ke kamera digital. Sayangnya, kadang membeli kamera digital dapat sama frustrasinya dengan mempelajari fitur-fi tur penggunaannya. Dewasa ini, kamera digital ditawarkan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah tips mudah memilih kamera digital untuk pemula:
1. Kenalilah Diri Kamu. Fotografer jenis apakah kamu? Langkah pertama dalam mencari kamera digital adalah mengevaluasi bagaimana kamu akan menggunakan kamera tersebut atau untuk kebutuhan apakah kamera digital kamu tersebut. Untuk jenis fotografi indoor, fotografi jurnalistik atau fotografi panorama?
2. Bagaimana Kamu Menggunakan Kamera Digital Kamu? Perlu kamu pahami bahwa kamera digital memungkinkan kamu untuk bereksplorasi lebih banyak dibandingkan hanya sekedar menampilkan foto pada album foto kamu. Kamu dapat memanipulasinya, memperbesar serta menampilkannya di dunia maya (internet). Hal ini dikarenakan wujudnya yang tidak lagi dalam bentuk klise fi lm namun sudah berupa format fi le digital.
3. Berapakah anggaran Kamu? Kamera digital da pat ditemukan di semua kisaran harga, bergantung pada jenis, merk dan fi turnya. Sangat mudah untuk memilih, membeli dan membawanya pergi lebih dari apa yang kamu butuhkan. Untuk itu, lebih baik kamu tidak terburu-buru dalam membelinya, duduk dan evaluasilah serealsitis mungkin dengan kebutuhan kamu. Jangan terlalu ‘tinggi’ namun juga jangan terlalu ‘rendah’, setarakan kebutuhan dengan budget kamu.
4. Deskripsi kebutuhan. Gambarkanlah kamera yang paling sempurna bagi kamu, berdasarkan kebutuhan dan budget kamu. Sekarang kamu sudah memiliki gambaran nyata kamera yang benar-benar kamu butuhkan. Luangkan waktu sejenak untuk sekedar menuliskan ‘gambaran-gambaran’ tersebut ke dalam sebuah daftar, termasuk kisaran harga, bentuk, berat, resolusi, tingkat control serta fi tur-fi tur khusus lain yang kamu butuhkan (night mode, multiple exposure, dsb).
5. Lakukan Peneletian. Ambil daftar kamu yang telah kamu buat di atas dan sesuaikanlah jenis kamera yang ditawarkan di pasaran. Kamu bisa berselancar di Internet untuk melakukan komparasi model produk sejenis. Kunjungi pula situs web online dari toko elektronik, untuk melihat apa yang mereka jual. Lakukan perbandingan harga atau tanyakan pada teman-teman kamu yang sudah/pernah memiliki model kamera tersebut. Mintalah testimoni dari mereka tentang produk tersebut.
6. Pembelian. Dengan daftar yang telah kamu tulis tersebut serta model kamera digital yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan kamu, kunjungilah beberapa toko kamera dan tanyakan sebanyak mungkin halhal yang tidak kamu mengerti, termasuk praktek di toko tersebut. Pastikan pula kamu membeli alat pengecas ulang baterai dari kamera kamu tersebut (rechargeable digital camera batteries). Dengan sebelumnya kamu telah melakukan langkahdemi- langkah di atas, diharapkan kamu dapat menemukan jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
Semoga Tips cerdas memilih kamera digital dapat membantu Anda menemukan kamera digital kesukaan dengan harga yang cocok.
Sumber Artikel : Koranjitu.com

Post a Comment for "TIPS CERDAS MEMILIH KAMERA DIGITAL UNTUK PEMULA"