BAGIAN-BAGIAN HARDDISK YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Seperti yang umum kita ketahui bahwa harddisk merupakan tempat penyimpanan data dan dokumen serta tempat System OS dan aplikasi program diinstall. Dari ketentuannya, sebenarnya Harddisk digolongkan sebagai Memory, yaitu memory permanen, karena data dan dokumen yang tersimpan didalamnya tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan atau di offkan. 

Setelah sebelumnya  saya sempat memosting beberapa artikel terkait Harddisk yaitu Sejarah Harddisk Komputer dan Tips merawat harddisk komputer kali ini saya ingin berbagi postingan tentang Bagian-bagian Harddisk yang mungkin selama ini belum kita ketahui, berikut paparan bagian harddisk yang saya kutip dari postingan di salah satu forum online :

PLATTER
Seperti namanya Pelat atau disebut piringan, Platter ini berfungsi sebagai penyimpan data. Berbentuk bulat, merupakan cakram padat, memiliki pola-pola magnetis pada sisi-sisi permukaanya. Platter biasanya terbuat dari metal yang mengandung jutaan magnet-magnet kecil yang disebut dengan magnetic domain. Domain-domain ini kemudian diatur dalam satu atau dua arah untuk mewakili binary “1” dan “0” atau disebutnya sistem biner. Dalam piringan tersebut terdiri dari beberapa track, dan beberapa sector, dimana track dan sector ini merupakan tempat penyimpanan data serta file system. Misalnya hardisk kita berkapasitas 40 GB, bila di format kapasitasnya tidak sampai 40 Gb. karena harus ada trac dan sector yang dipakai untuk menyimpan ID pengenal dari formating harddisk tersebut. Jumlah pelat dari masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung pada teknologi yang digunakan dan kapasitas yang dimiliki tiap harddisk. Untuk harddisk harddisk keluaran terbaru, biasanya sebuah plat memiliki daya tampung 10 sampai 20 Gigabyte. Contohnya sebuah Harddisk berkapasitas 40 Gigabyte, biasanya terdiri dari dua buah plat yang masing-masing berkapasitas 20 Gigabyte.

SPINDLE
Spindle ini merupakan suatu poros untuk tempat meletakan platter. Poros ini memiliki sebuah penggerak yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk yang disebut dengan spindle motor. Spindle inilah yang berperan dalam menentukan kualitas harddisk. Sebab makin cepat putaranya, berarti makin bagus juga GAN kualitas harddisknya. Satuan yang dipakai mengukur perputarannya disebut Rotation Per Minutes atau biasa disebut RPM. Ukuran yang sering digunakan untuk kecepatan perputaran ini antara lain 5400 RPM,7200 RPM atau 10000 RPM.

HEAD
Piranti ini berfungsi untuk membaca data pada permukaan pelat serta merekam informasi ke dalamnya. Setiap pelat harddisk memiliki dua buah head. Satu di atas permukaan dan satunya lagi dibawah permukaan. Head ini berupa piranti yang elektromagnetik yang ditempatkan di permukaan pelat dan menempel pada sebuah slider. Lalu slider melekat pada sebuah tangkai yang melekat di actuator arms. Actuator arms dipasang mati pada poros actuator oleh suatu papan yang disebut dengan logic board. Makanya pada saat harddisk bekerja tidak boleh ada guncangan atau getaran, karena head dapat menggesek piringan harddisk sehingga akan mengakibatkan Bad Sector, dan juga dapat menimbulkan kerusakan Head Harddisk sehingga harddisk tidak dapat lagi membaca Track dan Sector dari Harddisk itu sendiri, Jangan sampe deh  bisa fatal akibatnya soalnya.

LOGIC BOARD
Logic Board ini merupakan papan pengoperasian pada harddisk, dimana pada logic Board terdapat BIOS Harddisk sehingga harddisk pada saat disambungkan ke Motherboard secara otomatis mengenal harddisk tersebut, seperti Maxtor, Seagete dll. Selain tempat BIOS harddisk Logic Board juga sebagai tempat switch atau pendistribusian Power Supply dan data dari Head Harddisk ke motherboard untuk kontrol oleh Processor.

ACTUAL AXIS
Adalah poros untuk menjadi pegangan atau sebagai tangan robot agar Head dapat membaca sctor dari harddisk.

RIBBON CABLE
Ribbon cable ini merupakan penghubung antara Head dengan Logic Board, dimana setiap dokumen atau data yang dibaca oleh Head akan dikirim ke Logic Board untuk selanjutnya dikirim ke motherboard agar Processor dapat memproses data tersebut sesuai dengan input yang di terimanya.

IDE CONECTOR
Adalah kabel penghubung antara harddisk dengan motherboard untuk mengirim atau menerima data. Yang berbentuk kaya pita lebar. Sekarang ini harddisk rata-rata sudah menggunakan system SATA sehingga tidak memerlukan kabel Pita (Cable IDE)

SETTING JUMPER
Setiap harddisk memiliki setting jumper, fungsinya tak lain untuk menentukan kedudukan hardisk tersebut. Bila pada komputer kita dipasang 2 buah harddisk, maka dengan menyeting Setting Jumper kita bisa menentukan mana harddisk Primer dan mana Harddisk Sekunder yang biasanya disebut Master dan Slave. Master untuk harddisk utama, yaitu tempat system diinstal, sedangkan Slave untuk harddisk kedua biasanya digunakan untuk tempat penyimpanan dokumen dan data. Bila Jumper settingnya tidak di set, maka harddisk tersebut tidak akan bekerja.

POWER CONECTOR
Merupakan sumber arus yang langsung dari power supply. Kalo tidak ada Power Conector dijamin komputer tidak bisa dijalankan.
Power supply pada harddisk ada dua bagian :
1. Tegangan 12 Volt, berfungsi untuk menggerakkan mekanik seperti piringan dan Head.
2. Tegangan 5 Volt, berfungsi untuk mesupply daya pada Logic Board agar dapat bekerja mengirim dan menerima data.

Kayaknya sekian postingan singkat Mengenai Bagian-Bagian Hard Disk, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : kaskus.co.id

Post a Comment for "BAGIAN-BAGIAN HARDDISK YANG WAJIB ANDA KETAHUI"