TIPS CERDAS MEMILIH DISPENSER

Salah Satu Model Dispenser
Saat ini mungkin sudah jarang rumah yang tidak memiliki water dispenser atau biasa kita menyebutnya hanya dispenser saja. Biasanya di perkotaan, barang elektronik ini sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus ada dirumah. Peralatan ini membantu kita  memudahkan menyajikan makanan atau minuman dengan cepat dan hemat waktu. Seperti menyeduh minuman kopi, teh, susu, sereal, bubur bayi, sup instant dan beragam aktivitas lain terkait kebutuhan air panas maupun dingin.

Nah mengingat pentingnya alat ini dalam memudahkan aktivitas kita didapur, maka dalam membeli dan memilih dispenser adalah memenuhi standar kesehatan terutama pada penampung air panas dan dingin sehingga tidak menyebabkan persoalan terutama kesehatan keluarga di kemudian hari. 

Berikut standart yang harus terpenuhi oleh sebuah dispenser dilihat  dari unsur kesehatan seperti yang saya kutip dari salah satu blog yaitu antara lain :

Bahan Tangki Penampung Air
Tangki penampung air dingin dan panas terbuat dari bahan 100% Stainless Steel, yang berfungsi untuk mempertahankan suhu air dan mencegah berkembangnya jamur dan bakteri, serta bersifat anti karat.

Bahan Selang Penghubung
Selang penghubung antar tangki, menggunakan bahan anti jamur dan bakteri.

Tersedia Variasi Kran Air
Menyediakan kran khusus untuk air normal, sehingga anda tidak perlu mencampur air panas dan dingin untuk mendapatkan air normal (air ini tidak nyaman diminum dan cenderung kurang sehat), selain itu air normal biasa dikonsumsi untuk orang-orang yang peduli dengan kesehatan.

Menyediakan Steril Box
Untuk lebih menambah keyakinan anda, bila perlu pilih dispenser yang dilengkapi dengan lemari steril box (bagian bawah) yang berfungsi untuk mensterilkan peralatan makan/minum (gelas, botol susu, piring, sendok dll)

Suhu Air yang dihasilkan Dispenser
Pilihkan dispenser yang mampu menghasilkan air panas hingga 86 derajat C (bila perlu sampai 99 derajat C), yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri dalam air sekaligus mampu mengeluarkan aroma dari minuman karena bubuknya mudah larut.

Selain unsur kesehatan diatas, membeli dan memilih sebuah dispenser juga perlu mempertimbangkan juga beberapa hal antara lain  :
  • Hemat listrik, dispenser hemat listrik salah satunya ditunjukkan oleh pemisahan distribusi air panas dan dingin yang terpisah. 
  • Untuk dispenser dengan lemari pendingin, pastikan mempunyai 2 thermostat yang akan mengoptimalkan pendinginan pada lemari pendinginnya.
  • Untuk keperluan rumah tangga, pastikan dispenser tersebut memiliki kunci pengaman pada kran air panas (child lock), sehingga aman untuk anak2.
  • Tinggi dudukan gelas, sebaiknya lebih dari 20 cm, karena akan memudahkan dalam menaruh berbagai jenis gelas tanpa dipegang (hand free)
  • Dilengkapi dengan saklar on/off terpisah untuk air panas dan air dingin, sehingga dapat dengan mudah mematikan listrik ketika mengganti galon.
  • Garansi merupakan hal yang tak kalah pentingnya, saat anda mengalami persoalan dengan dispenser, pastikan merek dispenser yang anda pilih memberikan pelayanan after sales service yang memuaskan.
Sekian postingan Tips Cerdas Memilih Dispenser, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa baca juga Tips Merawat Dispenser.

Post a Comment for "TIPS CERDAS MEMILIH DISPENSER"