TIPS CARA CEPAT MENJUAL SMARTPHONE BEKAS

Beragam Jenis Smartphone
Pada postingan sebelumnya saya sudah memposting hal-hal yang wajib dilakukan sebelum menjual smartphone bekas Anda, maka kali ini saya akan berbagi tips cara cepat menjual smartphone bekas.

Ada kalanya kita ingin mengantikan smartphone yang kita miliki dengan smartphone baru baik karena alasan kebutuhan atau sekedar gensi. Bagi yang memiliki dana lebih, smartphone jadul atau sebelumnya dapat dijadikan koleksi dirumah. Namun yang yang punya dana pas-pasan namun ingin mengantikan smartphone, tentunya pilihan salah satu yang paling simpel adalah menjual smartphone lama.

Menjual samartphone lama perlu tips dan triks agar harga jual smartphone tersebut dapat menutupi kebutuhan dana yang akan kita gunakan untuk membeli handphone baru. Nah bagi Anda yang punya problem demikian, Berikut Tips Elektronik akan berbagi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjual smartphone bekas Anda dengan harga yang wajar, silahkan disimak :

Persiapkan Smartphone yang ingin dijual 

Ini hal yang utama bila Anda ingin menjual HP bekas. Siapkan semuanya baik hardware unit, software smartphone, dan juga aksesoris lainnya seperti kardus, charger, kabel USB, charger, buku petunjuk, kartu garansi, bahkan nota pembelian awal.

Kenapa harus disiapin? Karena akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual smartphone Anda. Lecet, error, atau kekurangan aksesoris handphone bisa membuat harga jualnya turun jauh daripada dalam kondisi lengkap.

Kalo ada aksesoris yang lengkap gimana? Pasti harga akan turun, tapi Anda bisa mengakalinya dengan membeli lagi apa yang kurang atau memberikan bonus bagi calon pembeli.

Misalnya headset hilang, Anda adanya headset merk lain yang gak kepake. Bila kondisi ini silahkan Anda jujur "ni headset asli hilang, tapi ntar ane tukar sama headset merk a" atau bisa juga "tapi ntar ane kasih softcase atau kartu memory". Pokokx pintar-pintar Anda aja, asal Anda untung dan konsumen pun puas.. 

Cek harga pasaran

Sebelum Anda melepas smartphone bekas Anda kepasaran, silahkan buka google dulu untuk mengecek harga pasaran Smartphone 2nd sesuai dengan type yang ingin Anda jual. Usahakan jangan terlalu jauh dari harga pasaran, dan disesuaikan dengan kondisi Smartphone agan. Tentukan harga yang akan jual nett apa masih bisa di nego.

Sedikit tips untuk harga yang masih bisa dinego, sebelumnya Anda tentukan harga yang Anda harapkan a.k.a harga nett, kemudian Anda pasang harga sedikit di atas dengan label "nego". Misalnya Anda pengen Smartphonenya kejual seharga Rp. 1.500.000, maka silahkan Anda promosikan harga sedikit di atas seperti Rp. 1550.000, Rp. 1.600.000 atau Rp. 1.650.000 dan jangan lupa diberi keterangan bahwa harga masih nego 

Jangan jual di counter handphone kecuali terpaksa

Tidak bermaksud berburuk sangka kepada Anda yang bekerja di Counter Hanphone tapi berdasarkan apa yang sering kawan saya alami di lapangan bila Anda jual Smartphone bekas ditempat ini pasti akan ditawar dengan harga yang sangat-sangat murah  Ini tentu wajar sich, toh mereka memang pelaku jual-beli yang mengharapkan keuntungan dari transaksi itu. 

Jadi buat yang ingin menjual Smartphone kesayangan, cara ini bisa dijadiin alternatif terakhir dari sekian banyak cara untuk jualan handphone bekas, kecuali memang Anda butuh dana cepat dan siap rugi 

Jual ke teman, pacar, saudara, kenalan dkk

Cara ini bisa dijadiin alternatif jitu untuk menjual Smartphone. Bosan dengan Smartphone yang ada, jual ke adek apa jual ke teman yang kebetulan lagi butuh apa yang lagi pengen buang-buang uang 

Cuma cara ini ada kekurangannya; yang pasti kalo teman apa saudara yang udah dekat sama Anda pasti nawarnya sadissss dengan label "harga teman" dan dengan quote wajib "ya hitung-hitung bantu teman/adeklah" atau "masak sama teman sendiri pelit sich"  

Kekurangan lainnya adalah bila ada masalah sedikit sama Smartphone tersebut komplainnya minta ampun, setiap waktu, bahkan dengan mudahnya dia bisa minta refund. Kita dah kek jual Smartphone dengan garansi seumur hidup 

Jual secara Online

Nah ini yang lagi trend, jualan melalui sosial media maupun website jualan yang tersedia. Tinggal photo sana sini, upload apa jadiin DP BBM, pasang harga, kasih keterangan dikit sama nomor yang bisa dihubungi, terus jadi deh  udah gitu gratis lagi 

Bagi yang menempuh cara ini, Anda harus:
Siapin pulsa yang cukup - untuk membalas sms penawaran yang datang dari calon pembeli melalui Smartphone agan
Siapin mental yang kuat - hal ini disebabkan beberapa oknum sering menawar dengan harga yang afgan dan PHP
Siapin kendaraan - karena biasanya beberapa konsumen minta COD-an yang tempat dan waktunya random alias acak a.k.a tidak terduga
Siapin teman - khususnya untuk COD-an untuk meminimalis
ir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan

Sedikit saran untuk melayani sms/chat para calon konsumen, perhatikan tawaran tertinggi dihitung dari sejak Anda pasang iklan tsb, usahakan ditahan dan diulur waktu tetapi jangan sampai menolak ataupun menerima secara langsung. Hal ini tujuannya untuk mengantisipasi apabila ada tawaran yang lebih tinggi atau sebaliknya tidak adanya tawaran lain yang nilainya lebih menguntungkan. 

Kalo untuk COD-an usahakan memilih tempat yang strategis dan ramai serta dapat ditempuh oleh kedua belah pihak, karena berdasarkan pengalaman ada beberapa penjual yang sempat "dikerjai" oleh buyernya diakibatkan pemilihan tempat yang tidak tepat 

Sekian postingan singkat Tips Cara Cepat Menjual Smartphone Bekas, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : m.kaskus.co.id

Post a Comment for "TIPS CARA CEPAT MENJUAL SMARTPHONE BEKAS"