TIPS MENYELAMATKAN BARANG ELEKTRONIK DI RUMAH USAI BANJIR


Banjir besar yang melanda sejumlah kawasan di Pulau Jawa dan pulau lainnya menyisakan berbagai persoalan, diantaranya rusaknya peralatan elektronik. Karenanya perlu diperhatikan tips-tips berikut agar peralatan elektronik kita masih bisa digunakan paska banjir. 

Dilansir dari berbagai situs, berikut cara memberikan pertolongan pertama terhadap perabotan rumah tangga elektronik yang terendam air.

1. Kompor

Untuk langkah pertama, Anda sebaiknya melepaskan kompor dari gas dan buka penutup kompor agar insulasi bisa lebih cepat mengering. Biarkan insulasi mengering sebelum menyalakan kompor.

Apabila kenop kompor dan rheostat basah, Anda harus menggantinya. Permukaan interior kompor juga harus dibersihkan dengan disinfeksi. Anda juga disarankan menyalakan kompor untuk membasmi bakteri dan menghilangkan kelembapan di dalam kompor.

Selanjutnya, Anda disarankan untuk memanggil teknisi untuk memeriksa kondisi kompor. Dari sana, teknisi bisa menyarankan lebih baik membeli kompor baru atau kompor bisa tetap digunakan.

2. Kulkas

Jika kulkas Anda terendam banjir hanya pada bagian kaki-kaki kulkas, Anda bisa memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas.

Anda harus memastikan bahwa sistem tersebut tersegel dalam kondisi yang baik. Disarankan memeriksa semua kontrol listrik termasuk termostat, kunci pengaman hingga penghitung waktu pencairan es.

Namun, apabila kulkas Ada terendam air seluruhnya, Anda berpotensi perlu mengganti kulkas. Sebab insulasi bisa basah apabila kulkas tenggelam dalam air. Insulasi ini juga sulit dibenarkan tanpa merusak rak-rak di kulkas.

Insulasi juga akan mengering dengan lambat karena dinding di kulkas dingin saat alat menyala. Pemanas Mullion di beberapa kulkas untuk menghilangkan kondensasi juga menjadi masalah tambahan karena bisa menyebabkan sengatan listrik.

Pengeringan yang lambat dari insulasi di kulkas bisa membentuk pertumbuhan bakteri pada kulkas akibat rendaman air.

3. Mesin Cuci dan Pengering

Sama seperti perabotan lain, Anda harus membersihkan mesin cuci dan pengering dengan disinfektan. Kemudian perlu pula memanggil teknisi untuk memeriksa seluruh sambungan listrik di mesin cuci dan pengering.

Pastikan mesin cuci tercabut dari sambungan listrik untuk menghindari sengatan listrik.

4. Perabotan dan Furnitur Elektronik

Pertama-tama Anda harus mencabut, membersihkan, mengeringkan dan mendisinfeksi seluruh perabotan dan furnitur elektronik seperti setrika, oven, televisi, hingga pengering rambut.

Periksalah dengan cermat untuk apakah akan memperbaiki atau menggantinya. Dalam beberapa kasus, alat bisa digunakan dengan mengeringkan seluruh bagian, patut diingat jangan sampai alat digunakan sebelum benar-benar kering. Biarkan waktu pengeringan yang lama sebelum dinyalakan.

Demikian postingan singkat  Tips Menyelamatkan Barang Elektronik di Rumah Usai Banjir, semoga bermanfaat 

Sumber Artikel : cnnindonesia.com

Post a Comment for "TIPS MENYELAMATKAN BARANG ELEKTRONIK DI RUMAH USAI BANJIR"