TIPS CARA MUDAH MEMBERSIHKAN KIPAS ANGIN DENGAN MEMBONGKARNYA


Pada postingan sebelumnya, kita sudah mengenal Tips Cara Mudah Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Membongkar, maka kali ini kita akan membahas Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Membongkarnya


Kipas angin yang rutin kita gunakan terlebih di cuaca panas seperti saat ini tentunya akan membuat kipas angin cepat kotor. Nah jika kamu malas membersihkan dan membiarkan debu menumpuk pada kipas angin terlalu lama, maka tidak punya pilihan selain membongkarnya. 


Berikut beberapa tahapan cara membersihkan kipas angin dengan membongkarnya silahkan disimak :


1. Matikan dan Cabut Kabel

Sebelum membersihkannya, pastikan kipas angin sudah tidak terhubung dengan arus listrik. Matikan dan cabut kabelnya dari stop kontak. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korslet atau kesetrum listrik.


2. Siapkan Alat-Alat

Untuk membersihkannya, tentu kamu perlu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Contohnya adalah kain lap, sabun, spons, dan obeng untuk membuka kipas angin. Jangan lupa untuk melindungi diri dengan menggunakan masker dan sarung tangan. Kedua alat ini berguna untuk melindungi kamu dari debu dan kotoran.


3. Buka Penutup Kipas

Untuk mempermudah proses pembersihannya, buka penutup kipas terlebih dahulu dengan menggunakan obeng. Jika kamu tidak tahu caranya, kamu bisa mencari manual dari kipas tersebut. Saat membuka penutupnya, pastikan kipas angin ada dalam posisi berbaring agar tidak jatuh dan rusak.


4. Bersihkan Kipas Angin

Sekarang, waktunya kamu membersihkan seluruh bagian kipas anginnya. Pertama, kamu bisa mulai dengan mencuci bagian penutupnya dengan spons dan sabun, lalu menjemurnya hingga kering. Kedua, bersihkan baling-balingnya dengan menggunakan kain lap basah. Kamu tidak perlu mencopot baling-balingnya, dan jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering.


5. Jangan Lupa Bagian Kepala dan Badan

Selain penutup dan baling-balingnya, kamu juga harus membersihkan bagian kepala dan badan kipas. Debu juga dapat menempel di bagian-bagian tersebut. Gunakan lap basah terlebih dahulu untuk membersihkan semua sela-sela kipas. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan lap kering.


Demikian postingan singkat beberapa cara membersihkan kipas angin yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin. Jika kamu tidak ingin membongkarnya, minimal kamu harus membersihkannya sekali seminggu untuk menjaga kebersihan udaranya. 


Sumber Artikel : tokopedia.com

Post a Comment for "TIPS CARA MUDAH MEMBERSIHKAN KIPAS ANGIN DENGAN MEMBONGKARNYA"